Aceh merupakan provinsi paling barat di Indonesia yang memiliki segudang potensi pariwisata, baik dari segi kekayaan alamnya maupun ragam budayanya yang kental dengan nuansa agama Islam. Provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini memiliki pengaruh kebudayaan khas timur tengah yang kental karena pernah menjadi bagian dari Kesultanan Turki Ustmani.

Meski sempat terpuruk akibat bencana tsunami hebat yang melanda pada tahun 2004 silam, Aceh kini telah bangkit dan berhasil mengembalikan kekuatan sendi-sendi ekonomi dan pariwisatanya yang sempat hilang.

Kalau kamu berencana untuk datang berkunjung ke Serambi Mekkah, jangan lupa mampir di 10 tempat wisata di Aceh ini ya, Gengs:

1. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

Bagi kamu yang suka melakukan aktivitas snorkeling, Pulau Rubiah adalah tempat wisata di Aceh yang enggak boleh dilewatkan. Pulau tak berpenghuni ini dikenal memiliki kekayaan bawah laut yang memukau. Untuk sampai ke pulau ini kamu harus menggunakan perahu motor dari Pulau Weh. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 menit, kamu akan sampai di pulau ini dan bisa langsung bersiap untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut Aceh.

Sebagai tambahan, pulau ini dahulu pernah dijadikan sebagai pusat transit para jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci. Pada zaman dahulu tidak ada pesawat terbang sehingga para jemaah harus menggunakan kapal laut untuk sampai ke Mekkah.

2. Museum Tsunami

Museum Tsunami

Bencana tsunami Aceh pada 2004 adalah bencana besar yang tak hanya mengguncang Indonesia tapi juga dunia. Kini setelah empat belas tahun berlalu, masyarakat Aceh telah memiliki sebuah museum untuk mengenang ratusan ribu korban tsunami yang tewas dan hilang.

Museum yang dirancang oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ini terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda No. 3 dan dilengkapi dengan beragam ruangan yang masing-masing memiliki fungsi khusus seperti ruangan kenangan, sumur doa, jembatan harapan, dan lorong tsunami.

3. Pulo Aceh

Pulo Aceh

Tempat wisata di Aceh yang satu ini masih belum banyak dikenal oleh wisatawan dari luar Aceh, padahal sejatinya tempat ini memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Pulo ini adalah sebuah pulau yang dapat dicapai dengan cara menyebrang dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Karena masih sangat asri, kamu bisa menemukan berbagai hal yang seakan masih belum tersentuh oleh manusia lho gengs. Contohnya seperti perairan biru berpasir putih tanpa sampah, jejeran karang di tepi laut yang eksotis, serta pepohonan yang masih rimbun tak terjamah.

4. Air Terjun Tahura Saree

Air Terjun Tahura Saree

Air terjun ini terletak di antara kaki gunung Seulawah Agam dan Gunung Seulawah Inong. Destinasi wisata yang satu ini sangat populer di kalangan warga Aceh karena keindahannya yang menakjubkan.

Objek wisata alam ini membutuhkan usaha ekstra untuk dicapai karena berada di tengah pegunungan. Bagi kamu yang suka berpetualang di tengah alam, air terjun ini wajib masuk daftar kunjungan kamu saat singgah di Aceh.

5. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar adalah danau terluas di Aceh dengan luas lebih dari 5.400 hektare. Dengan jalur berliku yang penuh dengan tanjakan dan turunan, area di sekitar danau ini paling asyik dijelajahi menggunakan sepeda.

Danau ini dinamai dengan “Danau Laut Tawar” karena luas bagai laut dengan rasa air yang tawar. Danau ini menjadi pusat kehidupan dari masyarakat di daerah Takengon serta menjadi magnet wisata bagi para pelancong yang datang dari luar Aceh.

6. Masjid Raya Baiturrahman

Tempat Wisata di Aceh

Bicara soal Aceh, biasanya tidak akan lepas dari budaya Islam karena pernah menjadi salah satu bagian kesultanan Turki di masa lampau, ada banyak bangunan bernuansa Islam yang memiliki keindahan tersendiri seperti Masjid Raya Baiturrahman yang telah lama dijadikan ikon kota Aceh.

Sempat mengalami kerusakan setelah terjadinya gempa dan tsunami pada tahun 2004, masjid ini kini telah diperbaiki dan kembali bagus seperti sedia kala. Selain menjadi simbol, masjid ini juga memiliki nilai historis tinggi karena sudah eksis sejak tahun 1612 masehi.

7. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

Tempat wisata di Aceh yang hanya berjarak 20 kilometer dari pusat kota Banda Aceh ini adalah tempat surfing yang bahka sudah diakui oleh para peselancara internasional. Ombak besar dan jumlah batu karang yang sedikit menjadikan pantai ini sangat cocok disebt sebagai surga para surfer di Aceh.

Jika ditotalkan, ada sekitar lima titik ombak kesukaan para peselancar di Pantai Lhoknga. Lima titik tersebut adalah: Left Hander Point, Cemara Right Point, Peak Point, Suri Point, dan Out Side Right Hander.

8. Pantai Ujong Batee

Pantai Ujong Batee

Berbeda dengan pantai lain yang biasanya terkenal karena pasir putihnya, pantai yang satu ini tersohor karena pasir hitamnya yang memukau. Masyarakat Aceh percaya bahwa pasir ini manjur mengatasi berbagai penyakit tulang.

Untuk mengunjungi pantai ini kamu bisa datang langsung ke Kabupaten Aceh Besar yang berjarak sekitar 15 km dari Banda Aceh. Jarak yang sangat dekat, mengingat di Aceh hampir tidak ada kemacetan jalan seperti di Jakarta.

9. Gua Sarang

Gua Sarang

Jika kamu ingin menilmati suasana pagi yang tidak biasa, datang saja ke Gua Sarang. Gua yang ada di kawasan hutang lindung Pulau Weh ini memiliki 7 mulut gua yang memesona dan keren untuk dijadikan latar foto.

Karena tidak ada akses kendaraan umum ke tempat ini, kamu perlu menyewa sepeda motor atau perahu miliki Teuku Ubit yang dikenai harga sekitar Rp200.000 untuk 11 orang penumpang.

10. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Kawasan pelestarian alam terbesar di Aceh ini memiliki luas tak kurang dari 1 juta hektare dengan berbagai fungsi mulai dari lahan penelitian, pariwisata, dan sarana rekreasi masyarakat umum.  Ada lebih dari 100 jenis mamalia yang bisa kamu jumpai di tempat ini. contohnya seperti orangutan, badak sumatera, harimau sumatera, dan beruang madu.

Selain mamalia, kamu juga bisa menemukan lebih dari 325 jenis burung di kawasan ini lho. Dijamin kamu bakal terkagum-kagum dengan keindahan tempat ini.

 

Nah, dari 10 tempat wisata di Aceh yang sudah disebutkan di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi saat singgah di Serambi Mekkah? Daripada cuma sekadar berkhayal, Kuylah, gengs! Mari kita segera berkemas dan berpetualang menjelajahi keindahan Provinsi Aceh.