Pulau Rubiah secara geografis terletak berdampingan dengan Pulau Weh. Pulau ini adalah bagian dari wilayah Kota Sabang, tepatnya berada di sebelah barat laut dari Pulau Weh. Pulau ini memiliki luas 2.600 hektar dengan menawarkan keindahan surga bawah laut dan wisata bahari yang sangat mengagumkan (Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah).

Tak heran Pulau ini dijuluki sebagai surganya taman laut, karena pulau ini ibarat sebuah akuarium yang menyimpan beraneka ragam ornamen cantik di dalamnya. Yuk, simak informasi lengkap seputar tempat wisata di Aceh ini, Gengs!

Sejarah Singkat Pulau Rubiah

sejarah pulau rubiah

Pulau indah ini dikelilingi oleh Selat Malaka di utara dan timur serta Samudera Hindia di barat dan selatan. Pada zaman pemerintahan Hindia-Belanda, Dermaga Sabang sudah berperan penting sebagai pangkalan batubara untuk Angkatan Laut Kerajaan Belanda kemudian dikembangkan lagi menjadi jalur lalu lintas perdagangan barang.

Pada tahun 2000 pemerintah Indonesia menetapkan Sabang sebagai Zona Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. Jadi kesibukan akan menjadi sebuah pemandangan menarik di setiap sudut pulau. Dulunya, pulau ini menjadi tempat transit bagi calon jamaah haji asal Aceh yang ingin berlayar menuju ke Mekkah pada zaman kejayaan Kerajaan Aceh.

Pada masa Perang Dunia II, pulau ini dijadikan benteng pertahanan pasukan Belanda dan Jepang dan peninggalan reruntuhan bangunannya masih bisa terlihat di sana. Salah satu peninggalannya bisa terlihat di Pantai Anoi Itam dan beberapa kapal yang sekarang telah menjadi rumah terumbu karang dan berbagai jenis ikan di sepanjang Pulau Sabang.

Pulau Rubiah Surganya Taman Bawah Laut

pemandangan bawah laut

Pulau ini terkenal dengan keindahan bawah laut yang beraneka ragam. Di bawah lautnya terdapat bermacam jenis ikan tropis, kerang raksasa, terumbu karang dan masih banyak lagi. Terumbu karang di sini sangat bervariasi apabila dilihat dari jenis, bentuk dan warnanya. Untuk menuju ke kawasan ini, wisatawan bisa melalui jalur perairan dengan perahu nelayan.

Pulau ini cocok sekali bagi para wisatawan yang hobi snorkeling, diving atau berkeliling menggunakan perahu kaca (glass bottom boat) karena pulau ini memiliki terumbu karang yang begitu indah dan berwarna-warni. Karang-karang tersebut pastinya akan memanjakan mata para pencinta wisata bahari.

Apabila wisatawan ingin menikmati keindahan surga taman laut, di sana telah disediakan fasilitas perlengkapan untuk snorkeling dengan harga sekitar Rp40.000 per orang, sewa perahu dengan harga sekitar Rp150.000 untuk beberapa jam, menyewa perahu kaca (glass bottom boat) dengan harga sekitar Rp300.000 untuk sekali perjalanan (rombongan 10-12 orang).

Menjadi Tujuan Wisata Favorit Wisatawan Lokal dan Mancanegara

alam bawah laut

Pulau ini banyak sekali diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pulau Rubiah ini juga dimanfaatkan sebagai tempat penelitian biota laut, seperti ikan dan terumbu karang. Menurut data, dari 15 jenis biota laut yang dilindungi oleh pemerintah terdapat 14 biota laut yang berada di taman laut ini. Oleh sebab itu, tak salah apabila pulau ini dijuluki sebagai surganya taman laut.

Akses Menuju ke Lokasi & Harga Tiket Masuk

dermaga pulau rubiah

Untuk menuju kesana, wisatawan bisa melalui rute dari Banda Aceh menuju ke Pulau Sabang dengan menggunakan kapal ferry atau speedboat. Waktu tempuh yang dilalui sekitar 90 menit dengan harga tiket sekitar Rp30.000 per orang untuk sekali jalan. Namun, apabila ingin perjalanan yang lebih cepat bisa menggunakan speedboat dengan tarif sekitar Rp50.000 per orang untuk sekali jalan.

Setibanya di Pulau Sabang wisatawan harus melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Rubiah dengan menggunakan perahu sekitar 30 menit. Apabila ingin menikmati keindahan dari Pulau Sabang, di sana juga telah disediakan kendaraan seperti angkutan mobil dengan tarif yang bervariasi.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Pulau Rubiah

jalur laut

Kunjungan terbaik untuk menikmati liburan yaitu bulan April hingga Agustus. Dikarenakan kondisi air yang jernih ditambah lagi cuaca dan ombak yang bersahabat sehingga transportasi perjalanan pun juga akan mendukung.

 

Nah, itu tadi informasi seputar Pulau Rubiah yang mempesona, Gengs. Yakin kamu nggak mau liburan ke sana?