Gengs, tahu kan di mana letak Manado? Ya, Manado merupakan ibu kota Sulawesi Utara. Kota ini adalah satu dari 11 pintu gerbang terdepan pariwisata Indonesia. Tentu saja Manado punya beragam objek wisata andalan. Bahkan, Bandara Internasional Sam Ratulangi juga melayani penerbangan langsung ke luar negeri, antara lain Shanghai, Hong Kong, Singapura, Manila, dan Kuala Lumpur. Makanya, ada banyak banget tempat wisata di Manado yang harus kamu lihat dengan mata dan kepala sendiri, Gengs!

Tempat Wisata di Manado

Berada di kawasan Teluk Manado, membuat kota ini memiliki panorama yang memukau. Tidak hanya lautan, pegunungan juga mengelilingi kota ini, sehingga menghasilkan pemandangan fantastis ke mana saja matamu memandang.

Yuk, intip 10 tempat wisata di Manado yang tak boleh kamu lewatkan sebagai destinasi liburan!

1. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken

Ternyata UNESCO sudah menetapkan Taman Nasional Bunaken sebagai situs warisan dunia sejak tahun 2005, Gengs! Hamparan terumbu karang menakjubkan yang berdampingan dengan beragam ikan dan hewan laut lainnya, membuat Bunaken seperti surga kecil di bumi. Lebih dari 30 titik penyelaman ada di sini. Spot terbaik yang bisa kamu coba antara lain, Lekuan, Mandolin, Fukui, Ron’s Point, dan Bunaken Timur.

Nggak bisa berenang? Tenang, ada kapal selam yang dirancang khusus, sehingga kamu tetap bisa menikmati panorama bawah laut Bunaken. Datanglah pada bulan Mei–Agustus saat kondisi air laut lebih jernih, suhu udara dan jarak pandang juga cukup ideal. Kamu pun bebas menjelajahi alam bawah laut sampai puas!

2. Jembatan Ir. Soekarno

Jembatan Ir. Soekarno

Jembatan Ir. Soekarno baru diresmikan pada tahun 2015 dan langsung menjadi ikon kota Manado. Terletak di Boulevard Area, panjang jembatan ini 1,127 km. Meski nggak terlalu panjang, pemandangan di sini indah banget, Gengs! Terutama saat matahari terbenam. Bahkan, semburat cahaya lampu warna-warni menghiasi jembatan saat malam tiba. Makanya, jembatan ini sering jadi tempat foto favorit wisatawan.

3. Patung Yesus Memberkati

Patung Yesus Memberkati

Adalah Ir. Ciputra yang memiliki ide untuk membangun Patung Yesus Memberkati. Tinggi patung ini 50 meter dengan kemiringan 20 derajat. Material patung ini adalah serat logam dan baja, sehingga disebut sebagai patung terbang pertama yang tertinggi di dunia. Berdiri sejak 2010, kamu tinggal mengarahkan kendaraan ke Perumahan Citraland Manado untuk melihat patung Yesus Kristus tertinggi di Asia.

4. Boulevard Area

Boulevard Area

Boulevard Area adalah tempat hang out favorit penduduk kota Manado. Paling pas berkunjung ke sini saat sore hari, menjelang matahari terbenam. Kamu bisa berjalan kaki menyusuri tepi pantai atau duduk-duduk sambil menunggu pertunjukan alam tiba. Setelah itu, manjakan perut kamu dengan beragam kuliner Indonesia. Kamu tinggal pilih saja mana yang paling sesuai selera, mulai dari makanan khas Manado, tradisional Indonesia seperti bakso dan gado-gado, hingga makanan laut.

5. Pantai Pal

Pantai Pal

Gatal ingin mencicipi pasir putih dan berkejaran dengan ombak? Main ke Pantai Pal aja, Gengs! Pantai ini terletak di Desa Marinsow, Likupang Timur, Minahasa Utara. Kamu butuh waktu 1 – 2 jam untuk tiba di sini. Relatif lama memang, tetapi semuanya sepadan dengan panorama Pantai Pal. Ombak bergulung, birunya air laut, serta pasir putih berbulir bak mutiara, semuanya memanjakan mata kamu.

Duduk-duduk santai di tepi pantai aja sudah bikin kamu betah. Berenang atau main banana boat juga bisa kamu lakukan. Namun, waspada selalu dengan ombak yang relatif besar ya. Liburan senang-senang itu harus, tetapi keselamatan tetap nomor satu!

6. Klenteng Ban Hin Kiong

Klenteng Ban Hin Kiong

Gengs, tempat wisata di Manado yang satu ini cukup unik. Selain bersejarah, tempat wisata ini juga menjadi wisata religi bagi pemeluk Buddha, Kong Hu Cu, dan Tao. Namanya Klenteng Ban Hin Kiong yang terletak di pusat kota Manado. Berdiri sejak abad ke—19, ukiran naga dan tongkat kayu berapi menjadi ornamen utama bangunan.

Waktu terbaik mengunjungi rumah ibadah ini tentu saja saat Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh, dan Toa Peh Kong. Biasanya pada momen itu diselenggarakan pula pertunjukan dan parade yang meriah. Ini merupakan bagian dari tradisi Cina yang tetap dilestarikan oleh para keturunan Tionghoa yang bermigrasi ke Sulawesi Utara ratusan tahun lalu. Siapin kamera kamu untuk mengabadikan festival tersebut ya!

7. Taman Nasional Tangkoko

Taman Nasional Tangkoko

Taman Nasional Tangkoko jadi tempat tepat untuk mengamati polah satwa di Manado. Terletak di Bitung, kamu bakal menemukan beragam ekosistem di kawasan ini. Pegunungan, hutan, dan pantai, semua berada dalam satu area. Ini merupakan habitat hewan endemik Sulawesi. salah satunya tarsius atau tangkasi, monyet paling kecil di dunia. Selain itu, Tangkoko juga jadi rumah bagi yaki, kuskus, monyet hitam, burung maleo, dan babirusa. Trekking di sini bakal bikin kamu takjub, Gengs!

8. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Sedikit berbeda dengan pantai lainnya di Manado, kegiatan utama yang bisa kamu lakukan di Pantai Malalayang justru bukan bermain air. Di sinilah salah satu spot paling keren untuk menikmati sunset. Nah, bagian terbaiknya, kamu bisa duduk-duduk sambil menyantap pisang goreng yang dicocol sambal roa. Dijamin beda dari pisang goreng yang biasa kamu makan. Dari sini juga kamu bisa memotret Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, yang berpadu dengan gedung-gedung di Manado dengan latar senja.

9. Air Terjun Tunan

Air Terjun Tunan

Manado memang lengkap, Gengs! Nggak hanya pantai, tapi kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Tunan di Desa Talawan, Dimembe, Minahasa Utara. Dengan tinggi 85 meter, kamu bakal mendapatkan pemandangan yang masih alami dan asri di area ini. Gemericik air terjun bakal bikin pikiran relax, ditambah sejuknya udara yang menyegarkan. Duduk menghirup udara segar atau berenang di sekitar air terjun, dua-duanya sama menyenangkan.

10. Tomohon

Tempat Wisata di Manado

Tempat wisata di Manado yang ini sudah terkenal sampai ke mancanegara lho. Agenda tahunan Tomohon Flower Festival (TFF) jadi magnet bagi wisatawan asing untuk datang ke kota Tomohon. Parade bunga ini diselenggarakan pada bulan Juni–Juli, makanya kota ini selalu ramai pada bulan tersebut.

Berjarak tempuh satu jam dari Manado, wilayah Tomohon dikelilingi oleh tiga gunung, yaitu Mahawu, Masarang, dan Lokon. Nggak heran kalau kota ini berhawa sejuk dan bertanah subur, sehingga cocok untuk membudidayakan aneka bunga. Itulah kenapa Tomohon disebut sebagai Kota Bunga.

 

Itu dia 10 tempat wisata di Manado yang tak boleh kamu lewatkan sebagai destinasi liburan. Dengan ragam pilihan tempat wisata, Manado harus banget masuk dalam bucket list kamu. Kuylah, Gengs!