Akhir pekan tiba tapi kamu masih saja di rumah? Kenapa nggak coba pergi ke Makassar? Selain memiliki beragam kuliner khas, Makassar juga punya objek wisata unggulan yang sayang bila dilewatkan. Mulai dari wisata alam hingga wisata modern pun ada di sini. Nggak percaya? Coba deh simak 10 tempat wisata di Makassar berikut ini.

1. Pantai Losari

Tempat Wisata di Makassar

Pantai Losari merupakan salah satu landmark paling terkenal di antara semua tempat wisata di Makassar. Jadi, nggak sah rasanya bila kamu ke Makassar tanpa berkunjung ke Pantai Losari. Selain wisatawan lokal, Pantai Losari bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Yang menjadi daya tarik dari Pantai Losari adalah di sini kamu bisa menikmati keindahan langit saat matahari terbenam.

Adapun aktivitas yang sering dilakukan pengunjung yakni memancing, bermain sepeda air, banana boat, hingga berlayar menggunakan perahu. Bila malam hari tiba, tempat ini juga diramaikan dengan para penjual yang menjajakan kuliner khas Makassar seperti pisang epe, es palu butung, es kelapa, dan aneka sajian laut.

2. Benteng Fort Rotterdam

fort rotterdam

Benteng Jum Pandang merupakan nama lain dari Benteng Fort Rotterdam yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Losari. Meskipun bangunan memiliki arsitektur khas Belanda, namun salah satu tempat wisata di Makassar ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Gowa-Tallo. Di dalam Benteng Fort Rotterdam terdapat sebuah museum yang bernama Museum La Galigo.

Bagi kamu yang ingin mengulik sejarah di masa lalu, kamu bisa belajar banyak di Museum La Galigo ini, Gengs. Pasalnya, museum ini berisi ribuan koleksi peninggalan Makassar zaman dulu seperti kain tenun, alat bercocok tanam tradisional, alat transportasi kuno, miniatur perahu pinisi, hingga pengetahuan tentang asal usul manusia.

3. Pulau Samalona

pulau samalona

Nggak hanya kaya akan sejarah, Makassar juga punya pulau-pulau cantik seperti Pulau Samalona. Pulau Samalona merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Spermonde sekaligus menjadi pulau yang paling hits.

Ukuran pulau ini memang nggak besar, tapi pemandangan Pulau Samalona amat indah. Mulai dari pantai dengan pasir putih hingga dunia bawah lautnya yang eksotis. So, wajib hukumnya kamu snorkeling atau diving saat berkunjung ke Pulau Samalona ini, Gengs.

Nah, untuk bisa mencapai tempat wisata di Makassar ini kamu bisa menggunakan perahu motor dari dermaga Kayu Bangkoa atau dermaga depan Benteng Fort Rotterdam.

4. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke

Belum puas dengan keindahan Pulau Samalona? Kamu bisa kok melanjutkan perjalanan ke Pulau Kodingareng Keke yang berjarak 20-30 menit dari Pulau Samalona. Uniknya, pulau ini nggak ada penghuninya, lho. Jadi kamu bebas melakukan apa saja di sini, kecuali buang sampah sembarangan, ya.

Birunya lautan serta terumbu karang yang cantik, mampu menggugah siapa saja untuk menjelajahi dunia bawah laut Pulau Kodingareng Keke. Selain itu, letaknya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan cukup ampuh untuk menghilangkan rasa penat.

5. Monumen Mandala

Monumen Mandala

Di pusat kota Makassar terdapat sebuah monumen yang menjadi simbol pembebasan Irian Barat yang bernama Monumen Mandala.  Bila dilihat, sekilas monumen ini mirip dengan Monas yang ada di Jakarta. Monumen dengan tinggi 75 meter ini terdiri dari 4 lantai.

Lantai 1 berisi diorama dan replika pakaian perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan. Sedangkan di lantai 2 dan 3 kamu bisa mencari tahu cerita perjuangan pembebasan Irian Barat. Dan di lantai 4, kamu bisa melihat pemandangan kota Makassar dari ketinggian.  Saat malam tiba, keindahan Monumen Mandala makin cantik berkat cahaya warna-warni yang diatur sedemikan rupa.

6. Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae

Ada lagi nih pulau cantik yang nggak boleh kamu lewatkan bila sedang berada di Makassar. Ya, Pulau Lae-Lae namanya. Pulau yang berada nggak jauh dari Pantai Losari ini bisa dijangkau menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.

Selain aktivitas menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut, kamu juga bisa mengenang masa lalu melalui puing-puing peninggalan Jepang yang ada di pulau indah ini. Konon, ada sebuah terowongan yang menghubungkan Pulau Lae-Lae dengan Benteng Fort Rotterdam. Lebih dari itu, sunset di Pulau Lae-Lae juga cukup cantik untuk dinikmati.

7. Bugis Waterpark

Bugis Waterpark

Selain pantai, Makassar juga punya objek wisata untuk bermain air seperti Bugis Waterpark. Berlokasi di Perumahan Bukit Baruga Antang, kehadiran Bugis Waterpark ini seolah menjadi alternatif wisata baru bagi masyarakat Makassar untuk menghabiskan libur akhir pekan.

Meski bernuansa modern, namun taman bermain ini juga memperkenalkan budaya lokal kepada pengunjungnya. Salah satu caranya yakni penggunaan bahasa Bugis untuk penamaan wahana dan zona bermain.

8. Monumen Korban 40.000 Jiwa

Monumen Korban 40.000 Jiwa

Sembari berwisata, yuk, sejenak menilik kisah masa lalu melalui Monumen Korban 40.000 Jiwa. Nggak hanya berupa monumen, Korban 40.000 Jiwa juga menjadi nama jalan di Makassar. Di area monumen terdapat patung yang menjadi simbol korban selamat, relief pada dinding, serta pendopo yang tertata rapi dan asri.

Monumen Korban 40.000 ini dibangun untuk mengenang sejarah kelam yang terjadi pada masyarakat Makassar pada tahun 1946 hingga 1947. Konon, pada masa itu terjadi pembantaian masal pada masyarakat Makassar oleh pasukan Belanda.

9. Wisata Belanja di Jalan Somba Opu

Jalan Somba Opu

Rasanya kurang afdal kalau pulang liburan nggak bawa oleh-oleh. Nah, bagi kamu yang ingin berburu jajanan atau benda-benda khas Makassar, kamu bisa pergi ke kawasan Wisata Belanja Jalan Sumba Opu. Jalan Somba Opu merupakan pusat oleh-oleh terbesar yang ada di Sulawesi Selatan sekaligus menjadi tempat paling sibuk di Makassar.

Deretan toko oleh-oleh berjejer di sepanjang jalan dan menjajakan berbagai macam dagangan seperti kerajinan tangan, kain tenun Toraja, peci Bugis, dan camilan khas yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Pokoknya dijamin deh, toko-toko tersebut tidak akan membuatmu kecewa.

10. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar

Setelah Bandung, Trans Studio Makassar menjadi taman bermain indoor terbesar ke dua di Indonesia. Setidaknya lebih dari 20 wahana menarik yang bisa kamu rasakan untuk melengkapi petualanganmu. Selain itu, Trans Studio Makassar juga menyediakan empat zona permainan seperti Lost City, Magic Corner, Cartoon City, dan Studio Central di mana kamu bisa menikmati nuansa klasik Hollywood di era 60-an.

Untuk tiket masuk, kamu cukup sediakan uang sebesar Rp100.000 untuk weekdays dan Rp150.000 untuk akhir pekan. Bahkan harga tersebut bisa berubah lebih mahal saat ada event tertentu.

 

Itulah 10 tempat wisata di Makassar yang menarik untuk dikunjungi. Apakah salah satu di antaranya masuk ke dalam daftar perjalananmu? Kalau belum, kuylah, Gengs datang ke Makassar agar akhir pekanmu jadi lebih berwarna.