Gengs, apakah kamu mencari tempat wisata di Gorontalo yang seru untuk dikunjungi? Sebenarnya, ada banyak sekali destinasi wisata yang ditawarkan oleh Gorontalo. Sayangnya, tidak semua tempat tersebut dikenal luas oleh masyarakat Indonesia padahal Gorontalo menyimpan potensi wisata yang luar biasa.

Nah, kalau kamu ingin merasakan liburan yang lain dari biasanya, jadikan Gorontalo sebagai pilihan. Supaya kamu nggak bingung, ada sejumlah rekomendasi tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi. Adapun daftaranya, antara lain sebagai berikut.

1. Hutan Nantu

Tempat Wisata di Gorontalo

Hutan nantu merupakan kawasan konservasi yang dijaga kelestariannya. Hutan Nantu atau Suaka Margasatwa Nantu adalah rumah bagi ratusan jenis satwa, terutama satwa endemik Sulawesi. Meskipun begitu, daya tarik utama kawasan ini adalah keberadaan babi, rusa, dan anoa. Jika kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan babi, rusa, anoa, monyet, dan buru dalam sekali waktu.

Selain dapat meyaksikan beragam sawta secara langsung, di sini pun terdapat kolam lumpur yang dinamakan Adudu. Kolam mengandung garam mineral yang baik untuk memenuhi nutrisi dan kebutuhan satwa.

2. Pantai Oluhuta

pantai oluhuta

Destinasi wisata di Gorontalo yang tak kalah menarik adalah Pantai Olutuha. Pantai yang terletak di Desa Oluhuta, Gorontalo ini menawarkan keindahan alam yang memukau. Air lautnya biru, sangat jernih. Pasirnya pun halus.

Nggak cuma itu saja, pantai ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai kegiatan menyelam. Dari atas permukaan air laut, terumbu karang tampak sangat jelas. Asyiknya lagi, biota laut yang ada di pantai ini masih terjaga kelestariannya, belum terjamah. Nggak heran kalau suasana pantai ini relatif sepi bahkan di hari libur sekalipun. Kalau kamu menyukai suasana yang tenang layaknya berada di private beach maka Pantai Oluhuta wajib kamu kunjungi!

3. Hutan Hungayono

Hutan Hungayono

Hutan Hungayono menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri. Hutan ini berada di Kecamatan Suwawa, Bone Bolango, Gorontalo. Layaknya hutan pada umumnya, Huyan Hungayono pun dipenuhi oleh pepohonan rindang yang menyegarkan mata. Hutan ini pun menjadi rumah bagi hewan endemik asal Sulawesi, seperti Macaca Nigra (monyet hitam), burung maleo, dan tarsius.

Untuk mencapai hutan ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 90 menit lamanya menggunakan kendaraan pribadi dan akan menghabiskan waktu lebih lama jika menggunakan kendaraan umum.

Yang menarik dari hutan ini adalah fakta bahwa destinasi wisata ini sangat disukai oleh turis asing. Maklum saja, hutan ini merupakan tempat penangkaran burung maleo dan sebagian besar turis asing sangat tertarik untuk menyaksikan langsung proses penangkaran tersebut.

4. Kampung Torosiaje

Kampung Torosiaje

Tempat wisata di Gorontalo selanjutnya adalah Kampung Torosiaje. Kawasan yang sudah berdiri sejak tahun 1901 ini menawarkan sisi lain dari Gorontalo. Di sini, kamu bisa melihat rumah-rumah penduduk yang dibangun di atas air. Rumah panggung ini terbuat dari kayu.

Uniknya, setiap rumah yang ada terhubung dengan koridor selebar 2 meter. Jika dilihat dari atas, deretan rumah ini akan membentuk huruf U. Sangat menarik, bukan?

Daya tarik lainnya dari kampung ini adalah momen saat matahari terbit. Saking indahnya, Kampung Torosiaje sudah dideklarasikan sebagai Kampung Wisata Bahari sejak tahun 2007 oleh pemerintah setempat.

Untuk menikmati sunrise, kamu harus datang lebih awal. Lihat bagaimana matahari mulai muncul dari balik awan. Warna kuning keemasannya sangat indah. Sementara di sore hari, senja pun tak kalah indah. Nggak heran kalau tempat ini sering dijadikan sebagai spot hunting foto terbaik.

5. Gunung Soputan

Gunung Soputan

Tempat wisata lain yang juga harus kamu kunjungi adalah Gunung Soputan. Gunung ini merupakan favorit para pendaki. Maklum saja, rute yang ditawarkan sangat menantang. Belum lagi pemandangannya pun sangat indah. Dijamin kamu akan terpesona dibuatnya. Namun, mendaki Gunung Soputan bukan perkara mudah apalagi bagi kamu yang belum berpengalaman.

Kamu wajib untuk menjaga stamina tubuh sebelum pendakian berlangsung. Nggak Cuma itu, kamu juga harus mempersiapkan barang-barang penting yang dibutuhkan, seperti air minum, makanan, pakaian, dan obat-obatan.

Meski harus mengeluarkan banyak tenaga sebelum mencapai puncak, tetapi semua rasa lelah dan perjuangan kamu bakal dibalas dengan pemandangan yang luar biasa memukau. Dari atas, kamu bisa melihat seluruh wilayah Gorontalo. Sangat indah!

6. Pantai Olele

Pantai Olele

Pantai yang terletak di Desa Olele, Kecamatan Bola Bone ini menawarkan keindahan alam yang masih alami. Salah satu yang menjadi magnet Pantai Olele adalah ekosistem lautnya yang luar biasa indah. Di pantai ini kamu bisa menemukan puluhan terumbu karang yang sangat cantik dan terawat.

Nggak cuma terumbu karang, di pantai ini juga banyak terdapat berbagai jenis ikan hias penuh warna. Kalau kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan langsung kawanan lumba-lumba yang sangat menggemaskan!

Pantai Olele sangat direkomendasikan bagi kamu yang menyukai wisata alam nan menantang. Pastikan untuk membawa perlengkapan menyelam sebelum mengunjungi destinasi wisata ini!

7. Pulau Saronde

Pulau Saronde

Pulau Saronde merupakan salah satu pulau yang nggak berpenghuni, Gengs! Nggak heran kalau pantainya masih sangat indah dan bersih. Kamu nggak bakalan menemukan tumpukan sampah plastik ataupun kaleng.

Karena pulau ini sepi, kamu bisa berenang, diving, ataupun snorkelling dengan nyaman. Kamu juga bisa berjemur langsung di atas pasir putih yang sangat lembut. Kalau kamu mau liburan semakin seru, datang ke pulau ini saat festival Saronde berlangsung ya! Kamu bisa lihat pertandingan adu cepat perahu ketinting. Sangat seru dan menegangkan!

8. Pantai Pasir Putih Leato

Pantai Pasir Putih Leato

Pantai Pasir Putih Leato merupakan tempat wisata di Gorontalo yang cukup terkenal. Maklum saja, pantai ini sangat indah dengan pasir putih nan halus. Mengunjungi pantai ini, tak lengkap sebelum kamu menyaksikan sunset. Warna kemerahannya tampak layaknya api yang menyala di batas cakrawala. Mengagumkan!

9. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha

Benteng Otonaha merupakan benteng yang sudah ada sejak abad ke-15. Benteng ini ditemukan oleh anak Raja Iluta yang kemudian dibangun kembali sebagai benteng pertahanan. Otonaha sendiri berasal dari kata Ota yang berarti benteng. Di sini, kamu bisa menikmati bukti nyata sejarah sembari napak tilas dan menambah wawasan.

10. Museum Pendaratan Pesawat Amfibi Soekarno

Tempat Wisata di Gorontalo

Sesuai dengan namanya, Museum Pendaratan Pesawat Amfibi Seokarno ini merupakan saksi bisu sejarah. Di sini, kamu bisa melihat bukti sejarah, berupa gambar dan sejumlah benda. Lokasinya juga tak jauh dari tempat wisata di Gorontalo lainnya, yakni Benteng Otonaha.

 

Nah, itulah sejumlah tempat wisata di Gorontalo yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Kira-kira, sudah siap belum untuk liburan? Kuylah Gengs, jangan lupa share ya!

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *