Pantai di Papua memang dikenal sebagai pantai yang masih alami, belum terjamah tangan nakal. Nggak heran kalau banyak wisatawan lokal dan asing yang menghabiskan waktu liburannya di Papua. Meski biaya untuk liburan ke Papua tergolong mahal, tetapi sebanding dengan pengalaman seru yang akan kamu rasakan Gengs!

Nah, dari banyaknya pantai yang ada di Papua, ada 5 rekomendasi pantai terbaik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Adapun daftarnya, antara lain sebagai berikut.

1. Pantai Base G

Pantai Base G

Pantai pertama yang nggak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Papua adalah Pantai Base G. Pantai yang terletak di Tj. Ria, Jayapura, Papua ini memiliki nama asli Pantai Tanjung Ria. Namun, lebih dikenal sebagai Pantai Base G lantaran pernah dijadikan sebagai basis militer di zaman perang dunia kedua di tahun 1944.

Untuk mencapai Pantai Base G, kamu harus berkendara selama 20 menit dari pusat kota Jayapura. Selama perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Semakin mendekati tujuan, aroma khas pantai bercampur dengan udara sekitar. Dari kejauhan, suara debur ombak terdengar cukup keras. Maklum saja, ombak di pantai ini memang cukup besar lantaran sangat dekat dengan Samudera Pasifik.

Pantai Base G

Pantai Base G berpasir putih dengan air laut kebiruan yang jernih. Suasana di pantai ini terbilang asri karena banyak pepohonan rindang di sekitar kawasan. Asyiknya, di sini kamu bisa duduk santai di bawah pohon sembari menikmati pemandangan laut atau sekadar berteduh dari panasnya terik matahari. Konon, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah di pagi hari. Selain relatif sepi, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan sunrise terindah.

2. Pantai Harlem

Pantai Harlem

Selain Pantai Base G, Papua pun memiliki Pantai Harlem yang tak kalah memesona. Bahkan pantai ini disebut-sebut sebagai “surga kecil” di tanah Papua. Maklum saja Gengs, pantai ini memiliki pemandangan perbukitan nan indah sebagai latar belakangnya. Belum ditambah dengan pasirnya yang putih, bersih, dan halus. Ombaknya pun cukup landai sehingga aman untuk bermain air, berenang, dan menyelam.

Pantai yang terletak di Kampung Tablanusu, Depapre, Papua ini merupakan surganya pencinta diving dan snorkeling. Alam bawah laut Pantai Harlem sangat indah. Di sini kamu bisa menemukan berbagai jenis biota laut, seperti terumbu karang, ikan laut, ikan hias, dan biota lainnya.

Pantai Harlem

Kalau kamu nggak begitu menyukai kegiatan di air, ada kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan. Mulai dari berjemur, bermain pasir, atau voli pantai. Uniknya, di pantai ini terdapat sebuah kolam air tawar yang terbentuk secara alami sejak ratusan tahun lalu. Kolam ini biasa digunakan untuk membilas badan selepas bermain air.

Untuk menikmati keindahan Pantai Harlem, kamu harus menempuh perjalanan selama 2 jam lamanya dari pusat kota Papua. Jadi, pastikan untuk membawa bekal cukup dan menjaga stamina ya Gengs!

3. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

Pantai di Papua selanjutnya yang tak kalah seru untuk dijelajahi adalah Pantai Bosnik. Meski pantai ini kurang populer dibandingkan dengan Pantai Harlem dan Pantai Base G,  tetapi pantai ini tak kalah indah dan eksotis. Pantai yang berlokasi di Desa Woniki, Biak Timur, Papua ini merupakan salah satu pantai yang menawarkan keindahan bawah laut.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang yang cantik dan terawat dari atas permukaan air. Kamu juga bisa berenang atau menyelam untuk menjelajahi dunia bawah laut Pantai Bosnik. Asyiknya, ada 20 spot diving dengan tingkat keseruan yang berbeda. Namun, kamu wajib berhati-hati karena Pantai Bosnik memiliki arus deras.

Pantai Bosnik

Selain berenang dan menyelam, kamu bisa menghabiskan waktu untuk bersantai di dalam saung sembari menikmati es kelapa yang segar. Saung ini bisa kamu sewa dengan tarif yang terjangkau.

Jangan lewatkan momen ketika matahari terbenam. Hal inilah yang paling ditunggu oleh sebagian besar pengunjung. Warna senja yang oranye kemerahan tampak indah berbaur dengan warna langit yang mulai menggelap. Untuk mencapai pantai ini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer dari pusat kota Biak.

4. Pantai Hamadi

pantai di papua

Pantai Hamadi bukan hanya menawarkan wisata alam, melainkan juga wisata sejarah. Pantai yang memiliki luas 5 hektare ini merupakan saksi bisu perang dunia kedua di tahun 1944. Di sini, kamu bisa melihat bekas serpihan perang dan tembok yang dulunya dijadikan sebagai pertahanan.

Pantai yang terletak di Tobati, Jayapura ini mudah ditemukan karena berada di lokasi yang strategis. Nggak cuma eksotis, pantai ini unik karena setiap kali laut pasang terjadi fenomena “ombak terbang” yang datang dari lautan dan membentur tembok buatan.

Pantai Hamadi

Pantai Hamadi cocok bagi kamu yang ingin menjauh dari keramaian kota. Pantai di Papua ini sangat cocok untuk relaksasi. Bersantai sejenak sembari menikmati suara kicauan burung dan ombak dari kejauhan akan membuat kamu lebih santai. Tubuh dan pikiran pun lebih segar.

5. Pantai Wari

Pantai Wari

Pantai Wari merupakan pantai yang pernah diterjang tsunami di tahun 1996. Meskipun demikian, keindahan pantai ini masih dapat dipertahankan dengan baik. Hal ini tak lepas dari “tangan dingin” masyarakat setempat sebagai pengelola Pantai Wari. Pantai yang terletak di Desa Waromi, Biak ini menawarkan panorama alam yang eksotis. Pasirnya putih dan sangat lembut ketika disentuh.

Untuk mencapai destinasi wisata ini, kamu nggak perlu susah payah karena terletak di pinggir jalan raya. Nggak heran kalau banyak pejalan kaki dan pengendara yang menyempatkan diri untuk berhenti sejenak sekadar beristirahat sembari menikmati suasana pantai yang menenangkan.

Pantai Wari

Di hari biasa, pantai di Papua ini cukup ramai dipadati pengunjung. Maklum saja, Pantai Wari merupakan pantai favorit warga di Biak. Banyak orang yang sengaja datang untuk melepas penat. Jangan terkejut jika akhir pekan pantai akan dipadati wisatawan dari berbagai daerah, termasuk wisatawan asing.

Di sini kamu bisa melakukan beragam aktivitas. Mulai dari berenang, bermain pasir, berjemur, menyelam, sampai mendayung perahu. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati sunset yang akan membuat kamu terpesona.

 

Nah, itulah sejumlah pantai di Papua yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Siap liburan? Kuylah, Gengs! Jangan lupa share ya!