Pulau Sumba adalah bagian dari wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan perairan negara Australia. Daerah ini terdiri dari empat kabupaten dengan luas mencapai lebih dari 10.000 kilometer persegi.

Meski tidak sepopuler pulau-pulau di sekitarnya seperti Bali atau Lombok, Pulau Sumba nyatanya memiliki segudang destinasi wisata alam yang masih asri dan natural karena belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan mainstream. Keindahan alam Sumba bahkan bisa disejajarkan dengan tempat-tempat lain yang jauh lebih populer.

Jika kamu tertarik untuk merasakan pesona berbagai tempat wisata di Sumba, 10 tempat ini bisa menjadi rujukan yang menarik untuk kamu kunjungi bersama teman-temanmu:

1. Pantai Nihiwatu

Tempat Wisata di Sumba

Pantai Nihiwatu merupakan objek wisata populer di Sumba yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Asia. Pantai ini memiliki pesona keindahan yang mendunia sampai turis-turis asing sering menjuluki tempat ini sebagai Hawaii-nya Indonesia.

Selain air laut biru yang jernih dan bersih, daya tarik dari tempat wisata di Sumba ini terletak pada gugusan batu alam yang berada di bibir pantai. Kini setelah dikenal secara luas, sudah ada berbagai fasilitas modern di lokasi ini seperti tempat penyewaan alat-alat diving dan snorkeling serta hotel bertaraf internasional.

2. Pantai Pero

Pantai Pero

Satu lagi pantai yang tidak boleh kamu lewatkan saat datang ke Sumba adalah Pantai Pero. Pantai yang belum banyak terekspos ini sangat unik karena merupakan teluk yang memiliki daratan menjorok ke arah laut sehingga tampak seperti jembatan.

Karena masih kalah pamor dengan pantai Niniwatu, belum banyak turis yang membanjiri tempat ini. Hal ini justru akan memberimu ruang lebih untuk menikmati keindahan alam khas Sumba.

3. Bukit Persaudaraan

Bukit Persaudaraan

Jika kamu menyukai pemandangan hijau yang menyenangkan mata, Bukit Persaudaraan wajib masuk ke dalam daftar kunjungan kamu di Sumba. Terletak di daerah Mauliru, Sumba Timur, bukit ini dikenal akan keindahan pemandangannya yang dijamin sukses memanjakan mata.

Saking bagusnya, bukit ini telah dipakai sebagai latar beberapa film layar lebar. Jika berniat, kamu juga bisa camping di tempat ini untuk merasakan sensasi menginap di atas ketinggian sambil menikmati pemandangan alam Pulau Sumba.

4. Kampung Praijing

Kampung Praijing

Sama seperti Kampung Tarung, Kampung Praijing juga merupakan kampung adat di Sumba yang masih mempertahankan berbagai tradisi nenek moyang. Kampung yang berada di daerah Sumba Barat ini dibangun di atas ketinggian Bukit dan masuk ke dalam kawasan situs bersejarah Sumba karena keberadaan batu-batu megalitik yang bernilai sejarah tinggi.

Daya tarik utama dari kampung ini adalah situs kuburan penduduk aslinya yang menggunakan bebatuan besar sebagai makam.

5. Puru Kambera

Puru Kambera

Puru Kambera adalah padang savana alami yang membentang luas. Warga asli Sumba biasanya menjadikan tempat ini untuk menggembala berbagai ternak lokal seperti kuda, sapi, kambing, dan babi.

Tempat ini masih sangat asri dan sepi dari pengunjung. Kalau kamu ingin menyendiri tempat ini adalah pilihan terbaik untuk dikunjungi. Suasananya yang sepi dan gersang akan membuatmu merasa tengah berada di benua Afrika.

6. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri

Pantai yang tersohor dengan pasir putihnya yang menawan ini berada di daerah Watubaka, Pandawai, Sumba Timur. Apabila air sedang surut, kamu juga bisa berjalan di antara pepohonan bakau yang menjulang.

Jika beruntung, kamu bisa menemukan kepiting dan berbagai hasil laut segr seperti kerang-kerangan dan nyale di pinggir pantai lho. Ekosistemnya yang masih amat terjaga membuat tempat ini laik menjadi ladang berburu hasil laut yang potensial.

7. Danau Weekuri

Danau Weekuri

Danau ini mungkin adalah tempat wisata di Sumba yang paling mainstream. Danau ini sangat terkenal karena merupakan satu-satunya danau air asin yang diketahui di Indonesia. Air asin pada danau ini konon masuk dari sela-sela baru karang yang mengelilingi tempat ini.

Air di Danau Weekuri sangat jernih laiknya perairan laut dangkal. Keindahan panorama di tempat ini menjadikannya sebagai objek foto yang nggak boleh kamu lewatkan. Kamu juga bisa berenang dan bermain air di tempat ini, kadar air garam yang cukup tinggi akan membuatmu lebih mudah mengapung saat berenang.

8. Kampung Tarung

Kampung Tarung

Tempat wisata di Sumba ini adalah salah satu kampung adat tertua di Sumba yang masih dipertahankan hingga kini. Kampung yang masih menjalankan berbagai ritual adat khas masyarakat Sumba ini terletak di daerah Wailiang, Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.

Penduduk di Kampung Tarung masih berpegang teguh pada kepercayaan Merapu yang diyakini merupakan agama tertua di Sumba. Selain bisa menyaksikan berbagai ritual adat, di kampung ini kamu juga bisa mengunjungi rumah adat yang hanya dibuat dengan jerami, pasak, dan paku.

9. Pantai Watu Maladong

Pantai Watu Maladong

“Watu” secara harfiah berarti batu. Nama ini kemudian disematkan pada pantai ini karena keberadaan batu-batu karang raksasa yang menjulang. Batu-batu karang raksasa ini menampilkan kesan eksotis sehingga sering dijadikan sebagai latar kegiatan fotografi profesional, baik dari studio lokal maupun internasional.

Selain terkenal akan batu-batu karangnya, tempat ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar. Karena itu tak heran jika ada banyak penikmat surfing yang singgah di tempat ini untuk berlibur.

10. Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu

Air terjun dengan bentuk berundak-undak ini ada di daerah wanokaka, Sumba Barat. Keindahan air terjun ini masih sangat terjaga karena berada di tengah hutan yang masih sangat asri. Untuk mencapai objek wisata ini kamu harus berjalan kurang lebih sejauh 200 meter dari pintu masuknya.

Usahakan untuk tidak datang ke sini pada musim hujan karena air yang mengalir cenderung menjadi keruh. Waktu terbaik untuk datang adalah pada puncak musim kemarau, yaitu di bulan Juni-Agustus. Pada waktu tersebut air yang mengalir terlihat berwarna kehijauan sehingga sangat cantik untuk dijadikan latar foto.

 

Itulah 10 tempat wisata di Sumba yang ngga boleh terlewat saat kamu berkunjung ke pulau ini. Sebagai informasi, selain 10 objek wisata tersebut, Pulau Sumba masih menyimpan segudang destinasi wisata lain patut menjadi alternatif tujuan liburan kamu tahun ini. Daripada pergi ke tempat yang itu-itu saja, lebih baik kita coba jelajahi Pulau Sumba yang eksotis abis. Kuylah, gengs!