Flores dalam bahasa Portugis berarti ‘bunga’. Sama seperti arti namanya yang lekat dengan keindahan, Flores  adalah salah satu pulau yang memiliki potensi wisata luar biasa terutama di bagian baratnya. Meskipun nama yang akan pertama kali kamu ingat dari Flores Barat adalah Labuan Bajo, ternyata masih ada banyak lagi tempat wisata di Flores Barat yang belum benar-benar diketahui banyak orang.

Dengan sekian banyak tempat yang tersembunyi, nggak heran jika banyak orang menjadikan Flores Barat sebagai tujuan untuk melarikan diri dari penatnya kehidupan perkotaan yang hiruk pikuk. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang butuh ketenangan sejenak, mungkin saatnya kamu melipir ke sini. Bingung mau ke mana saja? Berikut 10 tempat wisata di Flores Barat yang bisa kamu jelajahi untuk melunturkan semua lelahmu!

1. Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang

Pernah dengar tentang Grand Canyon di Sungai Colorado, Amerika? Flores Barat punya tempat yang nggak kalah kerennya. Air Terjun Cunca Wulang namanya. Terletak di Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, tempat yang dijuluki Green Canyon ini dikelilingi dinding-dinding kokoh menjulang dialiri air tenang yang sejuk kehijauan. Nggak perlu berbasah-basahan, bahkan hanya duduk di pinggirannya saja pun dijamin akan mengusir suntukmu. Buka dari pukul 06.00 sampai pukul 17.00 kamu akan dikenai biaya Rp70.000-Rp100.000 untuk masuk ke sini.

2. Goa Rangko

Goa Rangko

Ibarat sebuah kolam renang pribadi, gua yang terletak di Desa Rangko ini menyajikan air asin yang bisa kamu gunakan untuk berendam dengan nuansa baru. Langit-langit dari stalaktit yang tak beraturan menjadi ornamen tersendiri di atas air sedalam 4 meter. Kalau kamu ke sini, pastikan datang di antara pukul 12.00 hingga pukul 14.00 karena sinar matahari yang masuk melalui celah gua akan memantul dan memperlihatkan birunya air di Goa Rangko.

3. Desa Cancar

Desa Cancar

Di tempat wisata di Flores Barat ini, kamu nggak akan menemukan pantai, goa atau air terjun. Sebagai gantinya ada hamparan persawahan hijau dengan bentuk unik mirip jaring laba-laba. Untuk bisa melihat secara utuh pemandangan ini, kamu disarankan untuk naik ke Puncak Weol. Kapan lagi bisa dibuat takjub dengan mahakarya luar biasa ini?

4. Air Terjun Cunca Lega

Air Terjun Cunca Lega

Berada di antara Hutan Kebe Cepo yang hijau, air terjun yang punya sebutan lain Tangkulase ini menghadirkan melodi gemericik air yang merdu. Suara itu berasal dari dua tingkat air terjun dengan ketinggian mencapai 25 meter.  Tetesannya yang jatuh di antara bebatuan cokelat akan memberikan sensasi menenangkan bagi siapapun yang datang ke sini.

5. Air Terjun Tengku Siwa

Air Terjun Tengku Siwa

Saat melihat foto air terjun dengan tinggi mencapai 70 meter ini, kamu mungkin bakal mengira ini adalah lukisan saking indahnya. Seperti dinding batu yang dilukisi, Tengku Siwa menyajikan perpaduan sempurna antara merdunya suara air, hijaunya tetumbuhan dan kokohnya batu-batu di bawahnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk berswafoto dan mengabadikan kenanganmu di sini, ya Gengs!

6. Gua Liang Bua

Gua Liang Bua

Liang Bua dalam bahasa Manggarai berarti adalah lubang sejuk. Gua ini merupakan salah satu dari sekian banyak gua karst di Flores. Hal paling menarik dari gua ini adalah saat para ilmuwan menemukan kerangka manusia kerdil di dalamnya. Spesies yang kemudian diberi nama Homo Florensis ini dipercaya sebagai ‘hobbit’ di dunia nyata. Tertarik untuk melihat seperti apa sisa-sisa kehidupan kaum ‘hobbit’?

7. Kampung Todo

kampung todo

Kalau kamu punya ketertarikan pada nuansa perkampungan di Flores, maka Kampung Todo adalah destinasi yang wajib masuk dalam daftar list-mu. Kampung yang merupakan bagian dari Kecamatan Satar Mese Barat ini dianggap sebagai awal mula Kerajaan Manggarai.

Dikelilingi pemandangan pegunungan yang indah, Kampung Todo menampilkan fitur terbaiknya dengan jajaran rumah-rumah tradisional berbentuk kerucut yang dikenal dengan nama Niang Wowang. Di beberapa bagian kampung, kamu bisa menemukan drum kecil dan meriam-meriam kuno.

Di kampung ini kamu juga bisa berbelanja oleh-oleh berupa songket khas Todo yang unik, loh. Dengan demikian banyak keindahan yang ditawarkannya, Kampung Todo adalah tempat wisata di Flores Barat yang wajib kamu kunjungi.

8. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang

Meski nggak sepopuler Danau Kelimutu, Danau Sano Nggoang ini ternyata adalah danau vulkanik terdalam dan terbesar di Nusa Tenggara loh, Gengs! Nggak hanya punya pemandangan aduhai yang bisa memanjakan mata, air danau ini mengandung belerang yang berkhasiat untuk kesehatan. Di sekitar danau, kamu bisa dengan mudah menemukan pemandian air panas.

Sano Nggoang sendiri dalam bahasa setempat artinya adalah ‘danau yang membara’. Kamu bisa menikmati keindahan seluruh danau dengan mendaki Puncak Golo Dewa. Lebih seru lagi kalau kamu datang ke sini menjelang matahari terbit. Mantap!

9. Pulau Kalong

Pulau Kalong

Seperti namanya, pulau yang berada dekat dengan Pulau Komodo ini diisi oleh ratusan ribu kalong. Menjelang matahari terbenam, kamu akan menyaksikan kelelawar mulai beraksi mencari makan di atas pulau seluas 5 hektar ini. Saking banyaknya, bayangannya kadang sampai menutupi cahaya matahari. Karena unik, fenomena ini dikenal di kalangan penduduk setempat sebagai Gerhana Kalong. Kamu juga bisa sekalian snorkeling dan menikmati suasana perairan di sini loh!

10. Goa Batu Cermin

Tempat Wisata di Flores Barat

Goa yang ditemukan pertama kali oleh Theodore Verhoven pada tahun 1951 ini berada 4 kilometer dari ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo. Tempat wisata di Flores Barat ini memiliki luas 19 hektar dengan tinggi gua hampir 75 meter. Berdasarkan temuan Verhoven, gua ini konon dulu berada di bawah laut.

Untuk membuktikan teori sang ilmuwan, kamu harus rela masuk gua dengan lubang sempit yang hanya bisa dimasuki satu orang dan tentu saja bersama pemandu. Di sana, kamu akan menemukan fosil kura-kura di dinding gua dan di sanalah jawaban atas pertanyaan: ‘Kenapa gua ini dinamakan Gua Cermin?’ akan terjawab.

Di dalam gua ternyata ada sebuah lubang yang akan dilalui sinar matahari saat siang hari. Kalau hujan datang, air yang menggenang akan menciptakan pantulan yang mirip cermin. Dari sanalah nama Gua Cermin berasal. Gua ini merupakan salah satu pesona Flores Barat yang belum banyak diketahui wisatawan dalam maupun luar negeri.

 

Kalau kamu belum tahu mau ke mana liburan ini, Nusa Tenggara Timur mungkin akan jadi destinasi yang memuaskan hasrat petualangmu. Dan 10 tempat wisata di Flores Barat ini harus masuk daftar kunjunganmu. Kuylah, Gengs!