Gengs, ada yang pernah pergi ke MalukuBeribu kota di Ambon, pesona Maluku ternyata sudah memikat hati para penjelajah dunia sejak berabad-abad lalu lho. Penjelajah dari Portugal, Spanyol, Belanda dan Inggris jauh-jauh datang ke sini untuk mencari kekayaan alam Bumi Maluku, berupa rempah-rempah yang bernilai tinggi. Maluku memang tersohor sebagai daerah penghasil cengkeh, pala, dan mutiara. Makanya, bangsa Eropa rela membelah samudera untuk mendapatkan hasil bumi tersebut.

Maluku nggak hanya kaya dengan hasil bumi. Wilayah berupa gugusan kepulauan memberikan anugerah lainnya, yakni potensi wisata yang luar biasa.  Kalau orang Barat saja tertarik sepenuh hati dengan pesona Maluku, masa kamu nggak, Gengs? Kamu perlu tahu juga dong mana saja tempat wisata di Maluku yang direkomendasikan.

Tempat Wisata di Maluku

Saking banyaknya tempat wisata keren di Maluku, kamu bingung juga mau pergi ke mana dulu saat tiba di sana. Supaya nggak bingung, ini 10 tempat wisata di Maluku paling mempesona.

1. Pantai Natsepa

pantai natsepa

Gengs, ini dia tempat wisata yang melegenda di Maluku. Namanya nggak hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga mancanegara. Terletak di pesisir Pulau Ambon, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat di sini. Kamu bisa bersantai, bermain pasir, berenang, atau bermain bola bersama keluarga dan teman.

Jangan lupa cicipi rujak buah Natsepa! Begitu kamu cocol buah dengan sambal kacangnya, pasti kamu langsung ketagihan. Enak kan, bersantai di tepi pantai sambil makan rujak buah segar?

2. Pulau Bair

Pulau Bair

Kalau tempat wisata yang ini sering disebut sebagai Raja Ampat-nya Maluku. Terletak di Tual, kamu harus siap-siap terpesona dengan pemandangan menakjubkan alam Pulau Bair. Laut biru jernih bak safir menyambut kamu begitu tiba di sini. Tebing-tebing batu tinggi dengan pepohonan rindang mengelilingi perairan di wilayah Pulau Bair. Saat dilihat dari ketinggian, lanskap Pulau Bair memang tampak seperti Raja Ampat. Keren banget!

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Terletak di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara, kamu wajib banget mampir ke sini kalau lagi di Maluku. Pantai Pasir Panjang atau Pantai Ngurbloat dinobatkan sebagai pantai dengan pasir putih terhalus di Asia oleh National Geographic. Bagian terbaik dari pantai ini adalah lanskap berupa deretan pohon kelapa di garis pantai yang terbentang sepanjang tiga kilometer. Gabungkan dengan momen matahari tenggelam. Wuih, benar-benar pemandangan yang bikin kamu lupa bernapas saking indahnya. Lukisan alam memang tak pernah bercela ya!

4. Pantai Ora

Tempat Wisata di Maluku

Gengs, tahu dong Bora-Bora atau Maladewa? Kedua tempat itu tersohor ke seluruh dunia karena pantainya. Eh tapi, ada lho tempat wisata di Maluku yang menyerupai tempat tersebut, lebih keren malah! Namanya Pantai Ora, berlokasi di cerukan Pulau Seram, persis di kawasan Teluk Sawai.

Di sini ada cottage kayu yang berdiri di atas laut dengan latar belakang bukit hijau Taman Nasional Manusela. Iya, dari penginapan itu kamu bisa langsung menikmati beningnya air laut dengan bayangan gugusan terumbu karang yang sangat indah! Kamu bebas snorkeling seharian di sini atau duduk santai di teras cottage. This is a real heaven! Oh, yang pasti kamu nggak perlu menguras tabungan dalam-dalam untuk sampai ke sini.

5. Pantai Liang

Pantai Liang

Kalau kamu hanya bisa mampir di sekitaran Ambon, main saja ke Pantai Liang. Terletak 40 km dari pusat kota Ambon, begitu tiba di sini kamu bakal disambut hamparan pasir putih dan laut biru bergradasi yang sedap dipandang. Ini merupakan salah satu pantai yang cukup populer bagi masyarakat setempat, sehingga ramai pengunjung saat liburan atau akhir pekan.

Ombak di sini relatif tenang, terutama di bulan September, November, April, dan Mei. Kamu bisa duduk santai sambil berbincang, berenang dengan atau tanpa ban, main banana boat, atau naik sampan kecil mengelilingi area pantai. Pas banget untuk refreshing!

6. Benteng Belgica

Benteng Belgica

Gengs, tempat wisata di Maluku ini merupakan bangunan peninggalan bangsa Portugis yang dibangun abad ke-16. Banyak orang bilang Benteng Belgica ini merupakan Pentagon versi Indonesia karena bentuk segi lima pada bagian tengah bangunan. Posisi benteng ini berada di Bukit Tabeleku, Pulau Neira. Jadi, saat kamu naik ke benteng ini, kamu bakal bisa menikmati panorama menakjubkan dari pulau ini, lengkap dengan Gunung Api Banda sebagai latarnya.

7. Pulau Hatta

pulau hatta

Pulau Hatta terletak di ujung timur Kepulauan Banda. Pulau ini pernah menjadi tempat pengasingan Bung Hatta saat zaman penjajahan Belanda, Gengs. Pantai di Pulau Hatta sangat istimewa sebab tidak jauh dari bibir pantai, kamu bisa melihat palung laut! Bahkan, kapal bisa berlabuh hingga ke tepi pantai tanpa dermaga.

Ingin menguji adrenalin? Kamu bisa berdiri di sisi pantai dengan air laut setinggi paha yang berhadapan langsung dengan palung laut. Lanjutkan dengan snorkeling atau free dive di gugusan koral yang memenuhi dinding pantai Pulau Hatta sampai menuju laut dalam di dekatnya. Pemandangan luar biasa ini nggak bakal kamu temuin di tempat lain, Gengs!

8. Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota

Cukup berkendara 45 menit dari pusat kota Ambon, kamu sudah tiba di Pantai Pintu Kota. Tebing batu karang mendominasi pantai ini, terutama tebing yang menjorok ke laut dengan lubang menyerupai pintu gerbang di tengahnya. Inilah ikon Pantai Pintu Kota. Meski kawasannya tidak begitu luas, pantai ini tetap jadi favorit pengunjung untuk berfoto dan juga menyelam.   

9. Benteng Amsterdam

Benteng Amsterdam

Benteng peninggalan Belanda ini menjadi saksi sejarah penjajahan VOC dalam memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku. Pembangunan benteng ini dilakukan di bekas loji milik Portugis, dan dirampungkan pada tahun 1649 – 1656. Dengan bentuk menyerupai rumah, Blok Huis menjadi sebutan orang Belanda pada bangunan ini. Tertarik menelusuri jejak sejarah di Ambon? Mampir yuk ke Benteng Amsterdam!

10. Gunung Api Banda

Gunung Api Banda

Kamu suka mendaki? Nah, Maluku punya satu gunung yang cukup menantang untuk didaki. Bedanya dengan gunung lain di Indonesia, gunung ini merupakan salah satu gugusan dari Kepulauan Banda. Sekilas, mengingatkan kamu pada Kepulauan Hawaii ya. Dengan tinggi 656 meter dari permukaan laut, kamu perlu waktu sekitar dua jam lebih untuk tiba di puncak. Dari sini deretan pulau di Banda tampak sangat indah dan sempurna membingkai birunya lautan. Mata kamu bakal adem menikmati pemandangan ini.

 

Itulah 10 tempat wisata di Maluku paling mempesona. Saking indahnya, bukan wisatawan domestik aja yang ke sini, tetapi juga wisatawan mancanegara. Kalau Indonesia punya yang seindah ini, yakin kamu masih mau ke luar negeri? Kuylah, Gengs!

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *