Gengs, tahukah kamu kalau ada cukup banyak pantai di Ambon yang menawarkan keindahan alam nan memikat hati? Meski Ambon belum dikenal luas sebagai kota wisata, tetapi Ambon memiliki potensi pariwisata yang mumpuni. Nggak heran kalau Ambon mulai berbenah agar semakin banyak wisatawan yang datang bertandang.

Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan angka pariwisata adalah dengan mengadakan parade budaya dan festival seru. Cara ini terbukti efektif untuk memperkenalkan kekayaan alam dan budaya yang Ambon miliki secara luas.

Ini Lho 5 Pantai di Ambon yang Wajib Dikunjungi Selama Liburan

Lantas, apa yang menarik dari Ambon? Jawabannya banyak, tapi yang paling menonjol adalah wisata pantainya. Maklum saja, pantai Ambon dikenal memiliki keindahan yang luar biasa. Kalau kamu penasaran dengan keindahannya, pastikan untuk mengunjungi 5 pantai paling indah ini, ya!

1. Pantai Natsepa

pantai natsepa 1

Bisa dibilang Pantai Natsepa adalah pantai paling populer dan legendaris di Ambon. Pantai yang terletak di Desa Suli, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah ini dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dari pusat kota Ambon.

Pantai Natsepa menawarkan keindahan alam yang memesona. Pasirnya putih dengan air laut yang sangat jernih. Ombaknya pun tidak begitu besar, cukup aman untuk sekadar bermain air ataupun berenang. Nggak cuma itu saja, kamu juga bisa bermain pasir, jogging, berjemur, atau menanti datangnya sunset.

pantai natsepa 2

Meski banyak bermunculan destinasi wisata baru yang tak kalah indah, tetapi pesona Pantai Natsepa sulit untuk diabaikan begitu saja. Terlebih, di pantai ini terdapat sajian kuliner yang melegenda, yakni rujak Natsepa. Konon, berkunjung ke Pantai Natsepa kurang afdal sebelum mencicipi rujak ini.

Dari luar, rujak Natsepa nggak berbeda sama rujak kebanyakan. Buah yang digunakan, meliputi jambu, nanas, ubi jalar, kedondong, mentimun, dan pepaya. Bumbunya sendiri terdiri dari campuran gula, asam, dan kacang goreng.

Soal rasa? Jangan ditanya! Sangat memanjakan lidah, terlebih bagi kamu yang memang menyukai rasa pedas manis.

2. Pantai Liang

Pantai Liang

Ketimbang Pantai Natsepa, Pantai Liang tergolong sepi. Namun, pantai yang berlokasi di Desa Liang, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah ini nggak kalah indah. Malahan, pantai ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang bosan dengan hiruk pikuk kota besar atau sekadar mencari ketenangan.

Pantai Liang berjarak cukup jauh dari pusat kota Ambon, yakni sekitar 40 kilometer. Untuk mencapai pantai ini, kamu harus melakukan perjalanan panjang. Meski terasa melelahkan, tetapi sebanding dengan pemandangan yang akan kamu saksikan.

Serupa dengan Pantai Natsepa, pasir di Pantai Liang pun berwarna putih dan halus. Air lautnya sangat jernih dengan gradasi kebiruan yang cantik. Sangat memukau!

Pantai Liang

Selama berada di pantai ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Misalnya saja, berjemur, bermain pasir, berenang, bermain air, atau duduk santai di pinggir pantai sembari menikmati embusan angin.

Saat cuaca cerah, pemandangan alam sekitar menjadi dua kali lebih indah. Langit dan laut seolah-olah menyatu, tanpa adanya garis batas. Pemandangan ini akan membuat kamu takjub!

3. Pantai Namalatu

Pantai Namalatu

Pantai di Ambon selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Namalatu. Pantai yang berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Ambon ini berlokasi di Desa Latulahat, Kecamatan Nusaniwe. Sebelum menikmati keindahan Pantai Namalatu, kamu harus berkendara dengan menggunakan kendaraan pribadi selama 30 menit.

Jika dibandingkan dengan dua pantai sebelumnya, Pantai Namalatu memang tidak begitu populer. Namun, pantai ini justru menjadi favorit para pencinta fotografi dan penggemar diving. Maklum saja, Pantai Namalatu  menawarkan keindahan alam bawah laut yang cantik. Pantai ini pun dikelilingi batu karang nan indah dengan ukuran dan bentuk beragam. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

Pantai Namalatu

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang tanpa harus menyelam. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan ikan Mandarin beraneka warna secara langsung. Namun, kamu harus bersabar karena ikan ini hanya muncul ketika hari mulai senja.

Sembari menunggu senja, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti bermain air, duduk santai di gazebo, atau menyantap hidangan lezat khas pantai. Pastikan untuk mengabadikan momen saat matahari terbenam, ya! Dijamin kamu akan terpukau dengan kombinasi warna senja yang indah.

4. Pantai Lubang Buaya Morella

Pantai Lubang Buaya Morella

Jika kamu ingin menyaksikan keindahan surga dunia, kamu wajib mengunjungi Pantai Lubang Buaya Morella. Pantai yang terletak di Desa Morela, Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah ini menawarkan keeksotisan yang akan membuat kamu terpesona. Konon dinamakan Pantai Lubang Buaya Morella karena dulunya tempat ini merupakan sarang buaya putih.

Meski Pantai Lubang Buaya Morella belum begitu dikenal luas bahkan oleh masyarakat Maluku sendiri, tetapi setiap tahun pengunjung yang datang meningkat. Pantai ini sangat cocok untuk relaksasi. Suasananya tenang, udaranya pun bersih. Sangat menenangkan sekaligus menyegarkan.

Pantai Lubang Buaya Morella

Di sini, kamu nggak bakal merasa bosan karena ada banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah memberi makan ikan. Nggak perlu takut karena ikan di sini sangat jinak.

Kalau kamu suka kegiatan menyelam, pantai ini wajib masuk daftar kunjung. Ada banyak spot diving yang ditawarkan dengan keindahan dan kedalaman yang bervariasi. Di sini kamu bisa menikmati alam bawah laut yang memukau. Ada terumbu karang, ikan nemo, ikan giru, dan ikan hias lainnya. Untuk mencapai spot diving, kamu harus menyewa perahu tradisional dengan harga terjangkau.

5. Pantai Liliboi

pantai di ambon

Pantai di Ambon selanjutnya yang tak kalah indah adalah Pantai Batu Kapal atau dikenal juga dengan nama Pantai Liliboi. Pantai ini memiliki bentuk yang unik, yakni menyerupai kapal besar. Ada dua bagian yang bisa kamu telusuri, yakni bagian luar dan dalam kapal. Pastikan untuk mempersiapkan perbekalan dan menjaga stamina karena perjalanan untuk mencapai pantai cukup melelahkan. Meski begitu, kamu akan terpesona dengan keindahan yang membentang di hadapan mata.

Pantai Liliboi

Menariknya, di lokasi ini terdapat celah kecil yang terbentuk akibat gempa. Celah ini bisa dilewati dan akan membawa kamu menuju lagoon yang indah dengan warna air biru kehijauan. Namun, kamu harus berhati-hati karena jalanan sangat terjal dan licin.

 

Nah, itulah sejumlah pantai di Ambon yang bisa kamu kunjungi selama liburan. Jangan lupa share ya! Kuylah, Gengs!