Samarinda merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur yang dikenal memiliki kekayaan alam berupa ribuan jenis flora dan fauna yang unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Data terakhir menunjukkan bahwa di provinsi ini terdapat lebih dari 180.000 jenis tumbuhan dan hewan yang hidup dalam satu ekosistem. Besarnya angka vegetasi flora inilah yang kemudian membuat Kalimantan dijuluki sebagai “paru-paru dunia”.

Kekayaan alam ini membuat Samarinda memiliki potensi pariwisata yang luar biasa besar. Dengan daya tarik alamnya yang memesona, tak ada alasan bagi para travelers untuk tidak datang berkunjung ke kota berjuluk “Kota Tepian” ini.

Untuk membantumu menemukan tempat wisata di Samarinda yang asyik untuk dikunjungi, berikut adalah beberapa destinasi wisata di Samarinda yang bisa menjadi referensi:

1. Teluk Lerong Garden

Teluk Lerong Garden

Taman yang baru dibuka pada bulan Oktober 2014 ini merupakan destinasi wisata terbaru di Kota Samarinda yang terletak di tepian sungai Mahakam. Taman ini terkenal sebagai tempat romantis di Samarinda karena keberadaan beragam lampion cantik yang memperindah pemandangan, terutama di malam hari.

Tempat ini ramai dikunjungi karena lokasinya yang strategis dan dapat dijangkau dengan angkutan umum. Untuk datang ke sini kamu bisa langsung naik angkot berwarna hijau dan turun tepat di samping SPBU Jalan RE Martadinata Samarinda.

2. Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu

Air terjun ini sangat unik karena berbentuk seperti anak tangga yang bisa Anda naiki. Alirannya yang kecil membuat tempat ini dapat dikunjungi oleh berbagai segmen usia pengunjung mulai dari anak-anak hingga lansia.

Selain air terjun, di lokasi ini kamu juga bisa menjumpai danau buatan yang indah dan ngga kalah keren dengan danau alami. Jika ingin mengitari area di sekitar danau kamu juga bisa menyewa sepeda dengan tarif mulai dari Rp15.000.

3. Jembatan Mahakam

Jembatan Mahakam

Bicara soal Samarinda tak akan lepas dari keberadaan jembatan yang satu ini. Sejak dibangun pada tahun 1987, jembatan ini langsung menjelma menjadi ikon kota dan menjadi salah satu tempat wisata di Samarinda yang cukup populer. Untuk menikmati keindahan jembatan ini kamu bisa menaiki kapal wisata di Sungai Mahakam yang mematok tarif sbesar Rp50.000 per orang.

Selain menyaksikan Jembatan Mahakam, lewat kapal wisata ini kamu juga dapat menyaksikan keindahan kota Samarinda dari laut. Seru kan?

4. Bukit Anggana

Tempat Wisata di Samarinda

Buat kamu yang tergila-gila dengan keindahan pemandangan langit saat senja, Bukit Anggana adalah tempat wisata di Samarinda yang nggak boleh kamu lewatkan. Bukit kece yang terletak sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Samarinda ini sering dijuluki sebagai “bukit teletubies” karena hamparan rumputnya yang hijau terang di musim hujan.

Jika mau, kamu juga bisa menginap di sini dengan cara camping untuk menikmati keindahan alam Samarinda dari ketinggian lho.

5. Desa Pampang

Desa Pampang

Desa budaya ini dikhususkan sebagai sentral pelestarian budaya asli penduduk Samarinda yang berasal dari suku Dayak Kenyah. Tidak hanya menghibur, desa ini juga memberikan beragam edukasi seputar kebudayaan asli suku Dayak yang diwariskan secara turun temurun.

Sebagai saran, datanglah ke sini pada hari minggu gengs, sebab pada siang hari akan ada pertunjukan kesenian di gedung pertemuan desa yang diadakan secara rutin. Kamu juga bisa menyewa baju adat setempat untuk dikenakan lho.

6. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Terletak sekitar 3 jam dari pusat kota Samarinda, pulau yang terkenal akan keindahan panoramanya ini memiliki hamparan pasir putih yang masih terjaga dengan baik. Selain keindahan di bagian luarnya, area bawah laut di sekitar pulau ini juga sangat menawan sehingga sering dijadikan sebagai lokasi snorkeling.

Ingat ya, karena pulau ini pada dasarnya tidak berpenghuni, kamu harus menyiapkan perbekalan yang cukup mulai dari air minum hingga makanan untuk dapat beraktivitas secara leluasa di tempat ini.

7. Pulau Kumala

Pulau Kumala

Pulau yang terletak di tengah sungai mahakam ini memiliki bentuk yang unik karena menyerupai bangkai perahu yang terbalik. Di lokasi ini kamu bisa menemukan berbagai simbol adat seperti candi, patung, dan ornamen yang semuanya menggambarkan ragam kekayaan budaya penduduk Kalimantan.

Tak cuma bisa melihat-lihat, kamu juga bisa mencoba beberapa wahana permainan modern yang seru seperti Sky Tower atau Kereta Gantung. Sebagai saran, kamu sebaiknya membawa kamera terbaikmu saat naik ke Sky Tower, sebab pemandangan kota Samarinda dari ketinggian 75 meter dijamin sangat instagrambale dan sayang untuk tidak diabadikan dengan lensa kamera.

8. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Berada di jalur utama yang menghubungkan Samarinda dan Bontang, wahana rekreasi ini memiliki berbagai fasilitas hiburan yang menyenangkan seperti flying fox, arena bermain anak, kolam pemancingan, dan hutan buatan.

Bagi kamu yang membawa anak kecil, taman rekreasi ini adalah destinasi wisata yang dapat menjadi pilihan “aman” saat berkunjung ke Samarinda. Jangan lupa siapkan bekal untuk piknik kecil-kecilan di area yang disediakan, ya!

9. Kampung Tenun

Kampung Tenun

Selama ini Samarinda memang dikenal sebagai penghasil kain tenun bermutu tinggi. Motif kotak-kotak cantik yang khas pada kain tenun Samarinda membuat produk ini dikenal hingga ke pasar internasional.

Jika kamu tertarik menggali lebih dalam seputar cara pembuatan dan ragam variasi kai tenun khas Samarinda, Kampung Tenun adalah tempat wisata di Samarinda yang wajib kamu datangi. Kampung Tenun sendiri memiliki dua pusat kerajinan, yaitu di Kampung Baqa dan Kampung Masjid.

10. Air Terjun Tanah Merah

air terjun tanah merah

Air terjun setinggi 15 meter ini berada di daerah Samarinda Utara yang berjarak kurang lebih 15 km dari pusat kota Samarinda. Keunikan tempat wisata ini ada di tanah kolam air terjun yang terdiri atas tanah gambut sehingga aliran air terjun yang jernih dalam sekejap akan berubah menjadi merah saat jatuh ke kolam.

Selain bisa bermain air dan berfoto ria, kamu juga bisa menikmati beragam kuliner khas Kalimatan Timur yang dijajakan di warung-warung milik warga sekitar.

 

Demikianlah beberapa tempat wisata di Samarinda yang bisa kamu datangi, gengs. Daripada bosan mengunjungi destinasi wisata yang itu-itu saja, ada baiknya untuk mulai memberanikan diri menjelajahi keindahan berbagai kota di Indonesia. Jangan pake lama deh, kuylah, gengs!