Setiap awal bulan Februari, kota Singkawang mulai dipadati oleh wisatawan. Tak hanya dari lokal saja namun wisatawan dari berbagai belahan dunia pun turut serta pada acara Cap Go Meh Singkawang tersebut. Singkawang memang terkenal dengan perayaan Cap Go Meh karena menampilkan berbagai tradisi dan atraksi di dalamnya.

Dari atraksi tatung yang menusuk-nusuk badannya dengan benda tajam, parade budaya sampai berbagai produk UMKM khas Singkawang bisa kamu nikmati di sana. Ditambah lagi dengan replika naga yang panjang akan membuat siapa saja terpada melihatnya. Tak heran jika acara ini masuk dalam Top 100 Calendar of Events Wonderful dari Kemenpar.

Nah bagi kamu yang ingin datang ke acara ini jangan lupa mempersiapkannya dengan baik, ya Gengs! Agar pengalaman yang kamu dapatkan di sana bisa maksimal dan tak ada yang membuat kecewa sedikit pun. Berikut daftar persiapan yang perlu kamu buat checklistnya.

Tiket

mengikuti cap go meh singkawang

Jika ingin maksimal dalam melihat perayaan tersebut, kamu bisa membeli tiket Cap Go Meh Singkawang yang disediakan oleh panitia. Biasanya dijual dengan harga Rp150.000,- sampai Rp200.000,- tergantung dari posisi tempat duduknya.

Sebetulnya, tanpa membeli tiket pun kamu masih bisa melihat parade atraksinya. Namun jika ingin mendapatkan pengalaman melihat dari dekat dan mengabadikan setiap atraksinya bisa dengan membeli tiket tersebut. Jangan terlalu mengundur waktu untuk membeli tiketnya, ya! Karena dalam waktu seminggu tiket tersebut bisa habis terjual!

Penginapan

Jika kamu ingin berada lebih lama di kota Singkawang dan lebih menikmati kotanya, bisa memesan tempat penginapan jauh-jauh hari sebelum acara tersebut berlangsung. Jika tidak, kamu akan kehabisan penginapan. Berbagai penginapan tersedia di sana dengan harga sesuai fasilitas.

Dengan menyewa jauh-jauh hari juga dapat menekan biaya berlebih untuk akomodasi menginap di Singkawang. Oh iya Gengs, jangan lupa untuk survei lokasi dari penginapan tersebut, ya! Apakah jauh dari lokasi atau tidak, sehingga bisa memperkirakan transportasinya juga.

Kamera

Nah, peralatan yang wajib adalah kamera untuk mengabadikan setiap momen dari acara tersebut. Kamu bisa menggunakan kamera ponsel atau kamera digital untuk mengabadikan pengalamanmu yang ada di Cap Go Meh Singkawang. Namun yang perlu diperhatikan adalah untuk menjaga barangmu tersebut lebih hati-hati. Selain karena padat wisatawan juga bisa menghindarkan dari tindakan pencurian, ya Gengs! Tak lupa lagi bawalah tas kering anti air untuk menyimpan kamera tersebut jika turun hujan.

Uang Cash Secukupnya

Persiapan lain yang wajib dibawa adalah uang saku. Ya iyalah…! Kamu bisa membeli berbagai produk atau suvenir dari Cap Go Meh tersebut, mulai dari makanan, pakaian, pernak-pernik sampai buah tangan untuk dibawa pulang nanti. Uang saku ini juga berguna untuk membeli peralatan tambahan saat berada di kota Singkawang.

Packing Kering dan Jas Hujan

Biasanya, acara Cap Go Meh Singkawang ini berlangsung pada awal bulan Februari di mana masuk pada musim penghujan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan packing kering dan jas hujan agar selama mengikuti acara tidak akan terganggu dengan hadirnya hujan. Kamu tak perlu bawa peralatan yang banyak saat acara, sebagian barang yang tak diperlukan selama acara bisa ditinggal di penginapan.

 

Gimana Gengs? Siap untuk angkat ransel ke Singkawang? Kamu bisa mempersiapkan dengan tepat barang-barangmu agar tidak ada kendala selama acara berlangsung. Tentunya semakin kamu matang dalam mempersiapkannya maka akan terhindar dari berbagai beban mengikuti Cap Go Meh nantinya.