Festival Cap Go Meh Singkawang menjadi salah satu festival yang paling diminati oleh wisatawan. Tak hanya dari wisatawan lokal saja karena wisatawan asing pun turut serta hadir di dalamnya. Cap Go Meh Singkawang menjadi puncak perayaan Tahun Baru Imlek dan biasanya diadakan pada awal Februari setiap tahunnya.

Dalam perayaan tersebut terdapat berbagai atraksi yang ditampilkan seperti parade replika naga, atraksi tatung, live musik dan masih banyak lagi. Ada juga expo Cap Go Meh yang menghadirkan makanan dan barang lokal hasil dari UMKM Singkawang. Lalu apa saja hal menarik yang bisa membuat Cap Go Meh Singkawang ini wajib dihadiri? Simak daftar menariknya di bawah ini, ya Gengs!

Ritual Buka Mata Replika 12 Naga

replika 12 naga

Ritual ini dipercaya dapat mengundang naga dari kahyangan untuk turun dan memberikan berkah keselamatan pada masyarakat Singkawang. Replika naga ini akan dibawa ke dalam Klenteng dan akan dibuka matanya.

Kemudian replika naga tersebut akan diarak berkeliling kota Singkawang. Replika tersebut berukuran besar dan panjang sehingga untuk membawanya membutuhkan banyak orang. Saking banyaknya replika naga yang dibuat, Cap Go Meh Singkawang dapat memecahkan rekor MURI dengan replika naga terbanyak di Indonesia.

Pertunjukan Tatung

tatung

Pertunjukan yang paling ditunggu oleh wisatawan adalah atraksi tatung. Tatung adalah seseorang yang dipercaya sedang kerasukan roh dewa. Setelah acara resmi dibuka, ribuan tatung akan langsung melakukan atraksi.

Mereka akan ikut berparade dan mempertunjukkan kebolehan mereka. Ada yang menggunakan pisau, jarum dan berbagai benda tajam. Mereka menggesek dan menusuk dengan alat tersebut ke bagian tubuh misalnya lidah, leher dan perut. Ajaibnya nih Gengs, mereka tidak merasakan luka sama sekali!

Jika melihatnya langsung memang merinding bahkan banyak wisatawan pun yang takut dengan pertunjukan tersebut. Tatung tersebut tidak hanya dari masyarakat Tionghoa saja, lho Gengs! Banyak suku dan masyarakat etnis lain juga terlibat seperti etnis Melayu, Jawa dan Dayak. Jadi tak heran jika Cap Go Meh sebagai wadah persatuan di kota Singkawang.

Parade Budaya dan Adat Festival Cap Go Meh Singkawang

parade

Selain dari pertunjukan tatung, masih ada sajian yang lainnya dari Cap Go Meh Singkawang yaitu parade adat. Berbagai etnis dari Melayu, Jawa, Tiongkok dan Dayak pun turut menampilkan tradisi mereka. Mulai dari tari-tarian, kostum adat sampai pertunjukan pun juga ada. Jadi jangan sampai melewatkan parade ini, ya Gengs!

Cap Go Meh Expo

cap go meh

Bagi kamu yang tertarik dengan produk masyarakat di sana jangan khawatir, Gengs! Masih ada Cap Go Meh Singkawang Expo yang di dalamnya ada banyak sekali stand produk lokal. Mulai dari pernak-pernik, makanan khas dan berbagai produk UMKM ada di sana.

Jadi selain mengikuti acara, kamu juga bisa menikmati sajian produk khas dari kota Singkawang. Beberapa kuliner seperti bunga telur, mie asin, terasi sedau, sau chong dan masih banyak lagi bisa kamu coba di sana. Jangan heran jika di sana kamu akan berdesak-desakan karena saking ramainya pengunjung, ya Gengs!

Itulah keseruan dan hal-hal menarik yang bisa kamu dapatkan dari Festival Cap Go Meh Singkawang, Gengs! Tidak hanya sebagai perayaan tahunan saja namun Cap Go Meh tersebut menjadi wadah untuk persatuan masyarakat yang ada di Singkawang. Berbagai oleh-oleh makanan dan suvenir bisa kamu dapatkan di sana sebagai kenangan dari perayaan tersebut.