Soal pesona alamnya, Jawa Barat memang nggak pernah berhenti memberikan kita kejutan. Tempat wisata Geopark Ciletuh, Sukabumi adalah salah satu destinasi dengan segudang aktivitas yang nggak boleh dilewatkan begitu saja.

Lokasi wisata yang mencakup 8 kecamatan dengan total luas wilayah hingga 1.261 km2 ini bisa kamu tempuh dengan 7 hingga 8 jam perjalanan dari Jakarta. Dengan lokasi seluas itu, tempat wisata Geopark Ciletuh tentu saja sudah siap menyambutmu dengan berbagai pemandangan kerennya. Apa saja sih yang bisa kamu dapatkan di sini, Gengs? Yuk simak beberapa di antaranya!

1. Tebing Panenjoan

bukit panenjoan

Berada di ketinggian 300-an mdpl menjadikan titik pandang yang berada di Desa Taman Jaya ini sebagai lokasi terbaik untuk melihat indahnya pemandangan Sukabumi. Dibuat dengan pagar pembatas di pinggir tebing lengkap dengan menara dan teras pandang, kamu bisa melihat betapa kayanya kita dengan persawahan, perkampungan penduduk, perbukitan hingga garis Pantai Palangpang di ujung matamu. Nggak perlu bayar mahal-mahal untuk bisa masuk ke sini karena kamu hanya akan dikenakan biaya parkir tergantung kendaraan yang kamu bawa.

2. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung

Dari Pantai Palangpang, curug alias air terjun ini akan kelihatan bagian atasnya. Air terjun yang merupakan aliran dari Sungai Cimarinjung ini berada di Desa Ciwaru dan memiliki tinggi mencapai 50 meter dengan batuan pasir tufan dan breksi di bawahnya. Dua buah batu besar yang berumput di ujung tebing menjadi ciri khas dari curug ini selain aliran airnya yang sempit di atas dan melebar saat jatuh ke bawah.

Curug di tempat wisata Geopark Ciletuh ini konon punya legenda unik tentang sebuah gong peninggalan alam gaib. Gong yang kerap berbunyi itu juga yang membuat air terjun ini punya nama lain: Curug Gong. Selain sebagai tempat refreshing, aliran airnya juga dimanfaatkan untuk mengaliri sawah penduduk loh Gengs!

3. Puncak Darma

Puncak Darma

Kalau kamu berencana naik ke Puncak Darma, perjalanannya bisa dimulai dari Parkiran Curug Cimarinjung. Karena jalannya yang masih ekstrem, kamu bisa trekking selama 1 hingga 2 jam menuju ke sana. Kalau khawatir nggak sanggup, ada mobil 4WD yang bisa disewa dan ojek yang bisa kamu tumpangi. Terus kalau sudah sampai di atas ada apa? Dari Puncak Darma kamu bisa melihat seluruh garis Pantai Palangpang yang membentuk tapal kuda. Keren sekali!

4. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang bisa dikatakan sebagai lokasi inti dari tempat wisata Geopark Ciletuh. Berada di Desa Ciwaru, pantai ini merupakan pintu masuk ke Geopark Ciletuh. Dengan hamparan pantainya yang luas dan panjang, Palangpang nggak cuma strategis sebagai tempat untuk menghabiskan liburan tapi juga untuk berbagai aktivitas massal seperti festival budaya hajat laut sampai tempat pendaratan olahraga paralayang.

Selain barisan penginapan dan warung-warung di tepi pantai, kamu bisa menemukan pelabuhan dan tempat pelelangan ikan. Jangan lupa berfoto di tugu Geopark Ciletuh buat kenang-kenangan liburanmu, ya Gengs!

5. Curug Sodong

Curug Sodong

Sekitar 45 menit berkendara dari Pantai Palangpang, kamu bisa menemukan curug lain. Curug Sodong, namanya. Curug yang berada di Desa Ciwaru ini juga dikenal dengan mana Curug Kembar karena memiliki dua aliran air terjun yang bersebelahan. Jika kamu sedang beruntung dan debit air sedang nggak besar, kamu bisa melihat gua atau sodong di baliknya.

Kalau kamu ingin memotret, kamu bisa sedikit bereksplorasi di sini. Alih-alih cuma mengambil gambar dari bagian depan, cobalah sedikit berjalan ke kiri karena ada foreground sungai kecil di sana. Di sebelah kanan, kamu bisa memotret barisan pepohonan dengan bebatuan yang berjajar di depan air terjun.

6. Curug Cikanteh

Curug cikanteh

Nggak kalah cantiknya dengan pemandangan Curug Cimarinjung dan Curug Sodong, tempat wisata Geopark Ciletuh masih punya air terjun lain yakni Curug Cikanteh. Terletak di Desa Ciwaru, curug yang dikelilingi pepohonan hijau di sekelilingnya ini bisa kamu lihat dari Curug Sodong yang hanya berjarak 30 menit dengan melewati jalan setapak.

7. Curug Awang

Curug Awang

Dengan ukuran tinggi 40 meter dan lebar hampir 60 meter, Curug Awang yang berada di Desa Taman Jaya ini dijamin akan membuatmu terkesima. Dengan aliran air terjun berdinding bebatuan cokelat, Curug Awang akan mengingatkanmu pada keperkasaan air terjun Niagara.

Curug Awang ini bisa dicapai dengan berkendara selama 1 jam dari Curug Sondong. Selama perjalanan menuju ke sana, kamu akan disuguhi pemandangan kebun jati dan sawit milik penduduk. Kalau hanya sekadar ingin menikmati pemandangan curug, jalurnya sudah cukup mudah. Namun kalau kamu ingin turun langsung, sepertinya perlu sedikit berhati-hati karena treknya yang curam dan licin saat hujan. Supaya aman, pastikan untuk bertanya pada pengelola setempat, ya!

Jalan Baru Menuju Tempat Wisata Geopark Ciletuh

Kabar bagus untuk kamu yang berencana mengunjungi tempat wisata Geopark Ciletuh dalam waktu dekat. Jika jarak awal yang harus ditempuh sekitar 71 km, sekarang kamu bisa ke sana dengan jalan baru berjarak 33 km saja. Nggak cuma lebih dekat, jalur baru ini ternyata juga menyajikan pemandangan yang lebih keren, Gengs!

Jalur lama yang biasa digunakan adalah dari Bogor-Ciletuh via Cikidang yang memakan waktu hampir 7 jam. Jalur baru ini dimulai dari Simpang Loji Jalan pelabuhan Ratu hingga Muara Cisaar, Kecamatan Ciemas.

Jika kamu berasal dari Jakarta, ambil jalur tol Jagorawi dan keluarlah di pintu terakhir yakni Pintu Ciawi, Bogor. Dari sana, kamu tinggal ambil jalan lurus di Perempatan Ciawi menuju Sukabumi.

jalan ciletuh

Kalau kamu berangkat dari Bogor, sekarang kamu bisa melewati tol baru Bocimin, keluar di jalan Sukabumi atau Pintu Benda. Kalau naik sepeda motor, jalur Jalan Raya Cihideung-Cigombong lalu ke Jalan Raya Benda bisa kamu tempuh.

Di tempat wisata Geopark Ciletuh kamu bisa memilih aktivitas yang kamu sukai mulai dari berenang di sepanjang garis pantai atau berkemah di pantai-pantai yang terbuka atau area komersil yang sudah disediakan. Kalau kamu suka trekking, Geopark Ciletuh siap menyambutmu dengan pemandangan alami yang menyejukkan mata sepanjang jalan.

Selain di permukaan, masih ada pemandangan bawah laut yang bisa kamu jajaki dengan diving dan snorkeling. Memancing, memilih aneka watersport sampai berfoto ria akan membuat waktu liburanmu di tempat wisata Geopark Ciletuh berlalu tanpa terasa. Jadi, sudah memutuskan kapan akan berangkat ke Ciletuh?

Gengs, share juga artikel ini pada teman-temanmu ya, dan ajak mereka berlibur ke Geopark Ciletuh! Kuylah!