Galeri Nasional Indonesia merupakan sebuah lembaga budaya yang berfungsi sebagai tempat pameran dan pertunjukkan acara seni rupa lokal hingga mancanegara. Gedung ini adalah milik pemerintah yang berperan melakukan pengkajian, pameran hingga sebagai sarana edukasi tentang dunia seni bagi masyarakat Indonesia.

Sejarah Singkat Galeri Nasional Indonesia

sejarah galnas

Galeri Nasional Indonesia berlokasi di Jalan Medan Merdeka Timur no. 14 Jakarta Pusat. Galeri ini dulunya merupakan sebuah bangunan Yayasan Kristen Carpentier Alting Stitching (CAS) yang merupakan sekolah pertama di Hindia Belanda khusus wanita yang kemudian diganti menjadi Yayasan Raden Saleh. Pada tahun 1962, Yayasan Raden Saleh ini secara resmi dibubarkan oleh Presiden Soekarno yang kemudian diserahkan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk segala peralatannya.

Setelah itu tempat ini dibentuk menjadi Wisma Seni Nasional yang kemudian lebih dikenal sebagai Galeri Nasional Indonesia. Aktivitas yang ada di Galeri Nasional Indonesia sangat beragam, seperti pameran, preservasi, diskusi ilmiah, seminar keilmuan, penampilan kesenian, pemutaran film, festival perlombaan dan lain sebagainya. Semua aktivitas tersebut memiliki tujuan untuk pendidikan dan pengenalan dunia seni kepada masyarakat luas.

Beraneka Ragam Karya Seni Koleksi Galeri Nasional Indonesia

galeri nasional

Galeri Nasional ini memiliki koleksi sekitar 1.700 karya dari berbagai tokoh di Indonesia. Koleksi yang ada antara lain berbentuk lukisan, patung, fotografi dan pahatan. Selain itu, di dalam galeri ini terdapat juga pameran karya seni dari para seniman negara non-blok seperti negara Sudan, Peru, India, kuba, Myanmar, Vietnam dan lain sebagainya. Karya seni terkait, di antaranya When Humans Treat a Human, Confrontation, Trying To Grow, Tartaous, Magnolia, Mask II, The Birth of Batara Kala, Al- Bourah, Islamic Formation, Ambition, Metropole, Fabula, Dai Women, Mother and Child, Composition, El Amor De Un Pobre Es Asi, The Beautiful World Series, Fuerzas, dan lainnya.

Pengelolaan Museum yang Sangat Baik

Pengembangan infrastruktur sudah dilakukan oleh Galeri Nasional Indonesia dengan bekerjasama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia. Tak hanya itu, website utamanya juga sudah diperbarui berdasarkan pengembangan sisi data dan informasi seperti fasilitas, agenda acara koleksi seni dan dwibahasa untuk pengguna non bahasa Indonesia, lho.

Museum ini juga didukung pelayanan publik yang sangat baik. Pelayanan publik ini menjadi suatu agenda tersendiri yang menitikberatkan pada upaya peningkatan apresiasi seni dan penyampaian informasi mengenai sejumlah koleksi seni Galeri Nasional Indonesia kepada masyarakat luas. Penyampaian informasi ini dikhususkan bagi kalangan pelajar dan mahasiswa.

galnas indonesia

Kegiatan yang dilaksanakan ini meliputi pelayanan bimbingan atau pemanduan (guiding) kepada para pengunjung, baik pengunjung khusus (tamu negara, konsultan seni, peneliti) ataupun kepada pengunjung bebas (pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum). Tak hanya itu, galeri ini juga memberikan pelayanan konsultasi dan rekonfirmasi yang terkait dengan persoalan-persoalan seni rupa.

Galeri Nasional Indonesia ini mempunyai fasilitas yang memadai dalam mendukung setiap jenis kegiatan yang berhubungan dengan karya seni rupa, seperti pameran dan seminar ataupun pelatihan seni rupa sebagai institusi resmi pemerintah Indonesia yang menyangkut pelestarian nilai-nilai budaya.

Sekarang ini Galeri Nasional telah banyak mengalami perkembangan, hal tersebut bisa dilihat dengan visi dan misi yang telah terbentuk oleh para pengurus galeri ini. Di mana galeri ini mempunyai misi utama yaitu untuk meningkatkan layanan edukasi dalam bidang karya seni rupa, meningkatkan kreativitas dan apresiasi masyarakat dalam pengembangan seni rupa.

Berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia

galeri nasional indonesia

Untuk menuju ke Galeri Nasional Indonesia sangat mudah karena galeri ini berada di dekat Monumen Nasional (Monas). Akses transportasi umum ke lokasi ini juga terbilang mudah karena dapat diakses dengan menggunakan bus Trans Jakarta hingga kereta commuter line.

Ada beberapa pameran yang sering dipertunjukkan di galeri ini seperti pameran temporer, pameran keliling dan pameran tetap. Semua hasil karya seni akan ditampilkan dalam pameran tetap yang disajikan dengan penataan berdasarkan periodisasi perjalanan karya seni rupa, kemudian tersusun ke dalam 11 ruang dengan dilengkapi teks informasi dan terbagi menjadi ke dalam dua galeri besar (Galeri 1 dan Galeri 2).

Pada Galeri 1 akan menampilkan beraneka ragam seni rupa modern dari Indonesia hingga internasional yang dibagi ke dalam tujuh ruangan. Sedangkan pada Galeri 2 terbagi menjadi empat ruangan yang berisikan tentang Gerakan Seni Rupa Baru dan Seni Rupa Kontemporer Indonesia.

Jam Operasional dan Tiket Masuk ke Museum

lukisan galeri nasional indonesia

Para pengunjung bisa menyaksikan koleksi karya seni dalam gedung pameran tetap di gedung lantai 2 setiap hari Selasa-Minggu (kecuali libur nasional) mulai dari jam 09.00 WIB-16.00 WIB secara GRATIS! Untuk informasi mengenai jadwal pameran tetap 2019, Anda dapat melihat jadwalnya di Instagram atau menghubungi contact person Galeri Nasional Indonesia langsung.

 

Nah, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia, Gengs?