Ubud, Bali – Yoga · Dance · Music, adalah tajuk utama dari pagelaran tahunan berskala internasional yang diberi nama Bali Spirit Festival 2019 (BaliSpirit Festival 2019). Festival ini akan digelar pada 24-31 Maret 2019 di Ubud, Bali.

Mengikuti festival ini berarti kamu jadi bagian dari salah satu event yoga terbesar di dunia!

Masuk menjadi salah satu agenda yang diusung oleh Kemenpar dalam 100 Calendar of Events 2019, Bali Spirit Festival menawarkan sajian yang berbeda. Benar-benar berbeda dari event lain yang akan digelar di Indonesia.

Dalam festival ini, semua pegiat seni, kesehatan dan budaya diundang untuk memeriahkan Bali Spirit Festival. Akan lebih seru lagi karena kamu bisa berinteraksi dengan orang-orang like-minded denganmu.

1. Sejarah Singkat Bali Spirit Festival

founder bali spirit festival

Kembali ke tahun 2008, kondisi pariwisata Bali masih belum benar-benar pulih akibat serangan Bom Bali 1 pada 2002 dan Bom Bali 2 pada 2005. Banyak korban dari mancanegara yang berjatuhan membuat sentimen masyarakat dunia pada Bali menurun.

Tiga orang yang memiliki latar belakang berbeda namun memiliki kecintaan yang mendalam terhadap Bali pun bergerak. I Made Gunarta, Robert Weber dan Meghan Pappenheim menginisiasi Bali Spirit Festival yang pertama pada tahun 2008.

Visi ketiga founder Bali Spirit Festival ini adalah menghadirkan festival yang akan membangun dan juga mendukung komunitas melalui yoga, musik dan tari. Oleh karena itu, jangan heran jika deretan pengisi acara yang hadir pun didominasi oleh pegiat yoga, musik dan juga tari dari berbagai penjuru dunia.

Pada tahun 2018 lalu, Bali Spirit Festival berhasil mendatangkan hingga 5.000 pengunjung. Pengunjung-pengunjung tersebut datang dari 60 negara di dunia, lho!

2. Lokasi Venue Bali Spirit Festival 2019

venue bali spirit festival

Festival ini diadakan di Yayasan Bali Purnati, berlokasi sekitar 20 menit perjalanan darat ke selatan dari pusat Ubud. Tempat ini dikelilingi oleh hijaunya hamparan sawah serta terdapat aliran sungai di tengah venue yang membuat suasana jadi semakin cozy.

Yayasan Bali Purnati beralamat lengkap di Jalan Gunung Abang, Br. Penataran, Batuan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582.

Lokasinya dapat diakses dengan kendaraan pribadi, seperti mobil dan sepeda motor atau dengan menggunakan Spirit Shuttle Bus yang disediakan oleh panitia Bali Spirit Festival. Tiket Spirit Shuttle Bus bisa didapatkan dengan harga Rp70.000 untuk sekali jalan atau Rp830.000 untuk unlimited pass.

Bali Spirit Festival diadakan setiap tahun tak lain dan tak bukan adalah untuk meningkatkan kualitas consciousness (kesadaran) setiap pribadi yang mengikuti festival ini. Para peserta akan diberi “suntikan spiritual” melalui berbagai macam aktivitas, mulai dari yoga, masuk ke dalam diri melalui meditasi, mengalun bersama musik etnik hingga melakukan terapi sound healing.

Semua pengalaman baru ini dapat kamu rasakan dengan mengambil bagian dalam Bali Spirit Festival 2019. Tertarik, Gengs?

3. Barisan Acara dalam Bali Spirit Festival 2019

3.1. Yoga dan Meditasi

yoga dan meditasi di bali spirit festival

Untuk kamu pencinta yoga dan meditasi, rangkaian acara yang satu ini tak boleh kamu lewatkan. Mencakup semua kelas dan jenjang, mulai dari pemula hingga tingkat lanjut.

Banyak praktisi yoga dari berbagai belahan dunia datang untuk memeriahkan acara ini. Kamu bisa mengembangkan pengetahuanmu tentang yoga dan meditasi dengan mengikuti rangkaian acara ini.

3.2. Tari dan Seni Bela Diri

dance bari spirit festival

Mendatangkan pembicara dan praktisi dari penjuru dunia, rangkaian acara tari dan seni bela diri ini akan memperkaya pengetahuanmu di bidang ini. Praktisi yang akan hadir memiliki latar belakang yang beragam, antara lain capoeira, shamanic tantrika arts, new age, musik klasik India, hip hop, tari kathak dan masih banyak lagi. Bisa dibayangkan betapa kayanya pengalamanmu hanya dengan mengikuti rangkaian acara ini!

3.3. Suara, Penyembuhan dan Olah Napas

sound healing di bali spirit festival

Untuk kamu yang tertarik pada pengembangan diri di bidang penyembuhan dan olah napas, maka line-up ini akan jadi pilihan terbaik untuk kamu. Menghadirkan praktisi profesional dari berbagai belahan dunia, di sini kamu bisa memelajari banyak hal baru tentang suara, penyembuhan dan olah napas.

3.4. Satsang dan Dharma Talks

Di sini akan membahas banyak tentang satsang dan dharma. Rangkaian acara ini sendiri dapat diartikan dengan berkumpul bersama orang-orang yang memiliki ketertarikan serupa di bidang spiritual dan saling berdialog. Jika kamu memiliki ketertarikan di dunia spiritual, maka rangkaian acara ini harus kamu sambangi.

3.5. Pengembangan Diri dan Seminar

Di line-up ini akan dibahas banyak hal tentang pengembangan diri. Praktisi dari berbagai bidang pengembangan diri akan didatangkan dan yang pasti akan membantumu dalam menemukan jati diri dan memperkaya jiwamu.

3.6. Indonesian Presenters

Didatangkan pula berbagai pembicara asal Indonesia yang akan membahas bidang yang mereka tekuni. Mulai dari pilates, tari tradisional Bali, mistisisme Jawa dan masih banyak lagi, lho. Yuk, ramaikan panggung lokal kita!

3.7. Program untuk Anak dan Keluarga

Tak kalah pentingnya, untuk kamu yang datang bersama keluarga dan anak-anak maka line-up ini bisa kamu pilih. Kegiatan di sini ramah anak dan keluarga, lho. Yuk, bawa keluargamu ke sini!

3.8. Coco Love Stage

coco love stage

Untuk kamu pencinta musik, ini adalah panggung yang wajib kamu sambangi. Acara musik akan digelar seharian penuh. Mulai dari penampil lokal asal Bali hingga mancanegara akan meramaikan Coco Love Stage dengan sajian musik terbaik. Tertarik untuk berpartisipasi di sini?

3.9. Healing Huts

healing huts

Lebih dari 20 profesional di bidang penyembuhan yang berbeda akan didatangkan untuk mengisi healing huts atau pondok-pondok penyembuhan. Penyembuhan tradisional akan dilakukan di pondok-pondok ini sesuai dengan latar belakang para praktisi profesional.

Selain itu, di sini kamu juga bisa sedikit memelajari cara membaca tarot, kalender Suku Maya, astrologi dan lain sebagainya. Menarik, kan?

3.10. Kids Zone

kid zone

Bali Spirit Festival tak hanya ditujukan untuk kalangan dewasa saja, lho. Jangan ragu untuk memboyong anak-anak ke Bali Spirit Festival karena memang sudah disediakan tempat tersendiri untuk mereka. Biarkan anak-anak saling berkenalan dan menjalin hubungan baik dengan anak-anak dari negara lain. Mengajarkan anak untuk bertoleransi dengan cara yang menyenangkan.

Tiket masuk ke Kid Zone sendiri dijual terpisah dengan harga tiket Rp150.000.

4. Tiket Bali Spirit Festival 2019

Tiket Bali Spirit Festival terbagi menjadi 3 kategori, yakni tiket lokal, tiket expats dan tiket reguler. Tiket dibedakan ke dalam 3 pass, yakni Spirit Pass, Weekend Pass dan Spirit Pass 1 Hari.

4.1. Detail Masing-Masing Pass

Berikut ini keterangan untuk masing-masing pass yang bisa kamu pilih!

4.1.1. Spirit Pass

spirit pass

Spirit Pass berlaku selama 7 hari & 8 malam, yakni pada tanggal 24-31 Maret 2019. Tiket ini sudah termasuk:

  1. Bebas Akses semua lokakarya dan seminar pada siang hari (25-31 Maret 2019);
  2. Bebas akses ke Dharma Fair, Healers & Readers, dan Coco Love Stage;
  3. Bebas akses musik malam (24-31 Maret 2019);
  4. Bebas akses Hari Cinta Keluarga pada 31 Maret 2019

Tiket tidak termasuk:

  1. Akses ke Special Events pada 31 Maret 2019.
  2. Akomodasi selama di acara.

4.1.2. Weekend Pass

weekend pass

Weekend Pass berlaku selama 3 hari & 3 malam, yakni pada tanggal 29-31 Maret 2019. Tiket ini sudah termasuk:

  1. Bebas akses ke semua lokakarya dan seminar pada siang hari (29-31 Maret 2019);
  2. Bebas akses ke Dharma Fair, Healers & Readers, dan Coco Love Stage;
  3. Bebas akses musik malam (29-31 Maret 2019);
  4. Bebas akses Hari Cinta Keluarga pada 31 Maret 2019;
  5. Bebas akses ke Special Events (31 Maret 2019).

Tiket tidak termasuk:

  1. Akomodasi selama di acara.

4.1.3. Spirit Pass 1 Hari

pass 1 hari

Spirit Pass 1 Hari berlaku selama 1 hari & 1 malam yang bisa digunakan pada tanggal berapapun. Tiket ini sudah termasuk:

  1. Bebas akses ke semua lokakarya dan seminar pada siang hari di tanggal yang dipilih;
  2. Bebas akses ke Dharma Fair, Healers & Readers, dan Coco Love Stage;
  3. Bebas akses musik malam pada tanggal yang dipilih.

Tiket tidak termasuk:

  1. Akses masuk ke Special Events.
  2. Akomodasi selama di acara.

4.2. Detail Tiket Bali Spirit Festival Berdasarkan Kategori

4.2.1. Harga Tiket Lokal

tiket lokal bali spirit festival

Tiket ini diperuntukkan bagi pemegang KTP atau paspor Indonesia. Tak tanggung-tanggung, keuntungan yang ditawarkan adalah diskon hingga 55%!

Jika kamu datang bersama grup, maka kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah lagi, lho. Tiket grup dapat dipesan melalui rejeki@balispiritfestival.com.

Harga tiket lokal:

  1. Spirit Pass (diskon 55%): Rp4.200.000
  2. Weekend Pass (diskon 50%): Rp2.500.000
  3. Spirit Pass 1 Hari (diskon 45%): Rp950.000

Tiket lokal dapat dibeli di sini.

4.2.2. Harga Tiket Expats

tiket expats bali spirit festival

Tiket expats diperuntukkan bagi warga asing yang memegang paspor yang masih berlaku dan juga memegang KITAS, KITAP, Retirement Visa, 1-year Business Visa atau Social Budaya Visa.

Harga tiket expats:

  1. Spirit Pass (diskon 40%): Rp5.500.000
  2. Weekend Pass (diskon 35%): Rp3.300.000
  3. Spirit Pass 1 Hari (diskon 28%): Rp1.250.000

Tiket expats dapat dibeli di sini.

4.2.3. Harga Tiket Reguler/Turis

tiket reguler bali spirit festival

Tiket ini dapat dibeli oleh turis dari berbagai belahan dunia. Perbedaannya adalah tiket dijual terpisah untuk festival dan music pass. Tersedia juga tiket untuk anak dan remaja, lho.

Harga tiket festival reguler/turis:

  1. Abundance Pass: US$850
  2. Spirit Pass: US$650
  3. Weekend Pass: US$350
  4. Spirit Pass 1 Hari: US$120

Harga tiket music pass reguler/turis:

  1. Music Pass (7 hari & 8 malam): US$150
  2. Music Pass (1 hari & 1 malam): US$30

Harga tiket anak dan remaja:

  1. Teenager Pass (12-18 tahun): US$250
  2. Kids Explorer Pass (2-12 tahun): US$70

Tiket turis/reguler dapat dibeli di sini.

5. Transportasi Menuju Lokasi Bali Spirit Festival

Menuju ke lokasi atau venue Bali Spirit Festival bukanlah hal yang sulit mengingat banyaknya alternatif transportasi yang bisa dipilih. Nah, ini dia beberapa alternatif transportasi yang bisa dipilih jika kamu berangkat dari Jakarta!

Alternatif terbaik untuk menuju ke Bali dari Jakarta adalah dengan menggunakan jalur udara. Penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) menuju ke Bandara Ngurah Rai (DPS) dapat dijadikan pilihan.

Setelah mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan beberapa moda transportasi. Beberapa moda transportasi yang bisa kamu pilih selama di Bali, antara lain:

5.1. Menyewa Sepeda Motor

Cukup siapkan SIM, KTP atau paspor dan kamu sudah bisa menyewa sepeda motor di Bali. Ini adalah salah satu pilihan terbaik, terutama jika kamu melakukan traveling on budget.

Untuk warga asing diwajibkan untuk memiliki international driving permit (SIM internasional) untuk bisa berkendara di jalanan Bali, ya.

sewa motor

Sepeda motor di Bali sendiri bisa disewa dengan harga yang sangat terjangkau; mulai dari Rp60.000/hari, lho. Jika kamu memiliki uang lebih maka kamu bisa menyewa sepeda motor dengan kapasitas di atas 125cc, Gengs.

Selalu gunakan helm demi keselamatan diri, bawa surat-surat berkendara secara lengkap dan berboncengan maksimal dua orang, ya! Safety riding adalah prioritas.

5.2. Menyewa Mobil

Hampir sama dengan menyewa sepeda motor. Jika ingin menyewa mobil maka kamu harus memiliki surat-surat berkendara lengkap dan international driving permit untuk warga asing, ya.

Harga sewa mobil di Bali sendiri mulai dari Rp250.000. Harga yang tersedia pun cukup variatif tergantung jenis mobil yang disewa, ya. Mobil jadi pilihan terbaik jika kamu bepergian lebih dari 2 orang, Gengs.

5.3. Ojek Online

Jika kamu datang sendirian ke Bali Spirit Festival dan kamu tidak bisa mengendari sepeda motor ataupun mobil, jangan khawatir karena di Bali sudah tersedia ojek online. Kamu bisa memesan ojek online dengan harga yang sangat terjangkau untuk mengantarmu ke venue Bali Spirit Festival.

5.4. Spirit Shuttle Bus

Spirit Shuttle Bus jadi salah satu pilihan terbaik untuk menuju ke venue festival karena ini adalah satu-satunya transportasi resmi yang disediakan oleh penyelenggara. Dengan harga tiket Rp70.000 untuk sekali jalan atau Rp830.000 untuk unlimited pass kamu sudah bisa ke Bali Spirit Festival tanpa takut nyasar, Gengs!

shuttle bus

Jika kamu ingin menggunakan Spirit Shuttle Bus kamu wajib datang ke terminal keberangkatan di Jalan Monkey Forest, tepatnya di lapangan sepak bola Ubud, KAFE atau COCO Supermarket.

Untuk mendapatkan tiket Spirit Shuttle Bus kamu harus membelinya di sini. Jangan sampai kehabisan tiket, ya!

6. Perlengkapan yang Disarankan untuk Dibawa dalam Bali Spirit Festival

6.1. Identitas Diri

paspor

Selalu bawa identitas dirimu, baik berupa KTP, paspor atau visa, karena tanpa identitas kamu tak akan mendapatkan izin masuk ke lokasi.

6.2. Pakaian Hangat

Meski Bali memiliki cuaca yang cenderung panas dan terik, namun sedikit berbeda di wilayah Ubud tempat Bali Spirit Festival diadakan. Ubud cenderung sejuk di siang hari namun cukup dingin di malam hari. Jadi, tak ada salahnya jika kamu mempersiapkan diri dengan pakaian hangat jika belum terbiasa dengan lingkungan yang dingin.

6.3. Uang Tunai

Selalu bawa uang tunai saat mengikuti acara ini karena lokasi ATM yang ada di sekitar venue cukup jauh. Pastikan bawa uang dalam jumlah yang cukup ya untuk mengakomodir semua kebutuhanmu selama berada di sana.

6.4. Surat Izin Mengemudi

Surat izin mengemudi atau SIM menjadi penting jika kamu berencana akan menyewa kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor atau mobil. Karena tanpa SIM, kamu tak akan bisa menyewa kendaraan pribadi di Bali.

6.5. Kamera

Meski saat acara berlangsung kamu akan sibuk mengikuti rangkaian acara yang diadakan, namun tak ada salahnya membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berkesan di sana. Terlebih alam Bali yang indah akan sangat sulit kamu abaikan untuk tidak diabadikan. Jadi, bawa kameramu, ya!